Mahasiswa KKN PPL Terpadu Teknologi Pendidikan UNM Gelar Pelatihan Buku Digital. Foto-ist

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Praktik Lapangan (PPL) Terpadu Angkatan XXI Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar ‘Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar with Flip Book‘. Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual, Rabu (28/10).

Fokus bahasan dalam pelatihan itu adalah software flip book (flip pdf profesional) yang merupakan peranti lunak berupa buku digital. Pun yang menjadi peserta dalam pelatihan itu adalah guru, dosen hingga mahasiswa.

Ketua panitia, Jabal Nurdiansyah mengungkapkan ide kegiatan tersebut berangkat dari penerapan Study From Home (SFH) semasa pandemi. Adapun proses belajar seperti ini, kedepannya akan lebih condong pada penggunaan buku digital.

“Lahirnya kegiatan pelatihan bahan ajar ini didasari oleh penerapan proses belajar secara daring semasa pandemi. Sehingga peran dari adanya buku digital dapat membantu guru, peserta didik, dosen dan mahasiswa,” ungkapnya.

Jabal menyebut dalam pelatihan itu, para peserta diarahkan bagaimana memanfaatkan flip book. Mulai dari merangkai cover, mengatur layout serta menambahkan video ke dalam flip book.

“Peserta pelatihan dapat memahami pentingnya bahan ajar dalam pembelajaran, dan dapat membuat sendiri bahan ajar menggunakan aplikasi flip book (flip pdf profesional),” sebutnya.

Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian program lab series atau program kerja KKN PPL Terpadu Teknologi Pendidikan FIP UNM. Adapun yang menjadi pemateri yakni Sekretaris Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNM, Farida Febriati dan Alumni Teknologi Pendidikan, Apriliyani Alfiana. (*)

*Reporter: Muhammad Ilham Akbar. B

Share and Enjoy !

0Shares
0 0