Sedang Berlangsung Seminar Online Nasional HMJ Matematika FMIPA UNM - Foto.Gina-Profesi
Sedang Berlangsung Seminar Online Nasional HMJ Matematika FMIPA UNM - Foto.Gina-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kompetisi tahunan yakni ‘Genius on Mathematics in Real Application‘ atau Geometri yang dilakukan secara daring. Rabu, (28/10).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Paradigma Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi yang Efektif dan Menarik’ diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan guru diseluruh Indonesia. Menghadirkan tiga pemateri, yakni Bustang Bukhari selaku Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM, Billy Kurniawan selaku Mahasiswa Statistika Nanyang Technological University, dan Asdar selaku Ketua Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Materi kedua yang dibawakan pada Geometri 2020 ini tentang ‘Mewujudkan Mimpi Menjadi Nyata Dalam Matematika’ ini dibawakan oleh Billy Kurniawan yang merupakan Bachelor of Science in Mathematical Science Nanyang Technological University (NTU) Singapore.

Dalam materinya, Billy Kurniawan menyampaikan bahwa matematika penting untuk kita pelajari, karena dapat kita aplikasikan dalam segala keseharian kita.

“Matematika digunakan dikeseharian buat mengasah pola pikir kita, cara kita melihat permasalahan di dunia,” katanya.

Lanjut, Dia juga memberikan tips dan trik dalam belajar matematika dengan baik dan benar dengan memahami konsep, lalu bertahap ke tingkat selanjutnya.

“Adapun tips dan trik dalam belajar matematika dengan baik dan benar yaitu selalu mulai dengan ‘apa?’, pahami konsep paling simpel lalu bertahap ke tingkat kesusahan berikutnya, cari tahu fungsi atau kegunaan ilmu tersebut baik secara matematika atau juga di kehidupam sehari-hari, dengan mengejerkan matematika, dan jangan sekali-kali belajar rumus cepat sebelum paham konsep dasar,” tuturnya.

Di sisi lain, pemateri kedua, Billy Kurniawan mengungkapkan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari sehingga perlu untuk dipelajari.

“Matematika mengajarkan kita untuk berfikir kritis, analisis, dan logis. Jadi meningkatkan kesukaan terhadap matematika bisa dengan mencari fakta unik dan fungsi matematika dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita tau ternyata apa yang kita pelajari ada manfaatnya,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Gina Syukrani Zaimar/Editor: Murni

Share and Enjoy !

0Shares
0 0