Pelaksanaan seminar kewirausahaan UNM yang berlangsung secara daring - Foto.Ist
Pelaksanaan seminar kewirausahaan UNM yang berlangsung secara daring - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan Seminar Nasional Kewirausahaan Pemuda yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) dengan tema ‘Penguatan Kompetensi Enterpreunership Pemuda, yang Adaktif Terhadap Perubahan Menuju Indonesia Maju’. Kegiatan tersebut digelar secara blended, di Menara Pinisi Kampus UNM. Selasa, (27/10).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kemenpora RI Zainuddin Amali dan dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Staf , Ketua Lembaga, Kepala Biro, Direktur Program Pascasarjana dan seluruh Civitas Akademika UNM serta para undangan.

Sejumlah Pemateri yang mengisi seminar tersebut yakni Rektor UNM Husain Syam, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asronun Niam Soleh, Guru Besar Universitas Indonesia Efendi Gazali, Tenaga Ahli Menteri Paiman Raharjo Apud Kuseri, serta Mitra Pemasaran dan Penjualan Unit Usaha Syariah PT. Pengadaian. Risma Niswati selaku moderator.

Rektor UNM, Husain Syam mengatakan bahwa UNM adalah universitas yang cukup terkenal akan enterpreunership yang dimana mahasiswa UNM sendiri wajib memprogramkan mata kuliah kewirausahaan ini.

“UNM merupakan perguruan tinggi yang mengusung dan melabelkan diri sebagai perguruan tinggi enterpreunership yang berarti bahwa seluruh mahasiswa UNM disemua strata, sebanyak 37 ribu mahasiswa wajib program mata kuliah kewirausahaan,”ungkapnya

Dia melanjutkan, UNM harus memiliki komiteman untuk mempertahankan rasio enterpreneur di Indonesia apapun profesi dari alumni UNM nantinya.

“Itulah sebabnya UNM hari ini berkomitmen dalam meningkatkan rasio enterpreneur di Indonesia. Kita berharap nanti alumni UNM dimanapun profesinya setidaknya bagi kami bisa mencirikan dirinya sebagai sosok enterpreneur,” ujarnya

Sementara itu, Zainuddin Amali mengatakan bahwa pengembangan wirausaha merupakan upaya pemerintah dalam memajukan sumber daya manusia.

“Yang kita lakukan hari ini adalah dalam rangka hari sumpah pemuda yang ke-92. Mari keluar dari zona ketertinggalan dan beradaptasi dengan kemajuan di bidang teknologi,” terangnya

Lanjut, Dia juga mengapresiasi pengembangan wirausaha yang digagas oleh Rektor UNM dan berharap kedepan bisa berkolaborasi berbagai program Kemenpora.

“Kami apresiasi dan menyambut baik apa yang digagas oleh Pak Rektor UNM, dan tentu harapan besar kedepan bisa berkolaborasi dan bersama-sama melaksanakan program prioritas dari Kemenpora,” katanya

Selain mendapatkan ilmu, peserta yang mengikuti seminar secara luring dari awal sampai akhir berkesempatan mendapatkan tabungan emas dari Pegadaian Syariah senilai Rp 2,5 juta untuk lima orang serta pulsa Rp. 100 ribu untuk setiap peserta. (*)

*Reporter: Agatomi Buttang