Bimbingan belajar yang digelar mahasiswa KKN-PPL UNM di SMAN 3 Bulukumba - Foto.Dela-Profesi.
Bimbingan belajar yang digelar mahasiswa KKN-PPL UNM di SMAN 3 Bulukumba - Foto.Dela-Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Makassar (UNM) sektor SMAN 3 Bulukumba mengadakan Bimbingan Belajar. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo SMAN 3 Bulukumba, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba Selasa, (27/10).

Bimbingan belajar ini sebagai salah satu program kerja (Proker) KKN-PPL UNM untuk membantu siswa yang kesulitan dalam memahami pelajaran matematika ataupun kepada mereka yang tertarik menambah pengetahuan di bidang matematika. Kegiatan ini dilaksanakan sekali per pekannya dengan dua metode, yakni secara dalam jaringan (daring) dan secara luar jaringan (luring).

Penanggung-jawab proker, Danial Fanzeka mengatakan bimbingan belajar ini ditujukan kepada semua siswa dari kelas X hingga kelas XII. Adapun materi bimbingannya disesuaikan dengan tingkatan kelas dan diawali dengan materi dasar-dasar matematika.

“Untuk bimbingan luringnya kami batasi tiga hingga 10 orang per pertemuan, sebagai pertemuan awal kami berikan materi dasar-dasar matematika untuk semua peserta,” kata mahasiswa program studi pendidikan matematika ini.

Sementara itu, Koordinator Sekolah (Korsek) KKN UNM SMAN 3 Bulukumba, Andi Dela Irmawati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan realisasi tridharma perguruan tinggi pada bidang pengabdian. Banyaknya siswa yang mengeluh kesulitan memahami pelajaran ketika belajar daring melatarbelakangi dilaksanakannya bimbingan belajar ini.

“Kegiatan ini sebagai wadah mahasiswa mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di kampus untuk mengabdi di masyarakat dan di sekolah khususnya,” katanya.

Adapun salah satu peserta, Fitri Ramadhani menyampaikan rasa terimakasih atas diadakannya bimbingan belajar tersebut. Ia mengaku mendapat motivasi untuk belajar lebih giat serta dapat dengan mudah memahami penjelasan dari mahasiswa KKN yang memberikan bimbingan.

“Bimbel Matematika yang diadakan tadi memberi motivasi untuk belajar lebih giat, cara menjelaskannya juga mudah dipahami, cepat sekali jaki mengerti,” ujarnya. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani

Share and Enjoy !

0Shares
0 0