Seminar Program Kerja (Proker) Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXI di Sma Negeri 2 Enrekang, Jumat (23/10) - Foto-Ist
Seminar Program Kerja (Proker) Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXI di Sma Negeri 2 Enrekang, Jumat (23/10) - Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar (UNM) domisili Enrekang mengadakan seminar program kerja (Proker) di SMA Negeri 2 Enrekang Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang. Jumat, (23/10).

Seminar proker ini dihadiri oleh Kepala Sekolah dan para guru SMA Negeri 2 Enrekang, Mahasiswa KKN dari SMKN Latanro, serta Kepala Dinas (Kadis) Gowa beserta rombongannya.

Tim yang beranggotakan Nur Amin Rais, Aulia Rahma Ilyas, Fani Febriani, Zulkarnain M, Alfiani Nurhijrah, Fitri Antika dan Iin Ayu Pratiwi tersebut mengusung tiga program kerja yaitu pembuatan hand sanitizer, Penataan lingkungan sekolah, dan pelatihan zotero.

Program kerja tersebut disusun berdasarkan hasil observasi keadaan lingkungan sekolah.

Salah satu prokernya yakni pelatihan Zotero diselenggarakan karena melihat masih kurangnya siswa yang mengetahui cara pembuatan sitasi dan daftar isi otomatis.

Menurut Nur Amin Rais selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Zotero merupakan salah satu reference manager gtatis yang mengelola sumber-sumber referensi yang dimiliki sebagai acuan dalam penulisan rujukan.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) tersebut juga menambahkan bahwa pihaknya akan memberikan master aplikasi zotero kepada siswa dan memandu siswa dari proses penginstalan hingga penggunaan.

“Jadi nantinya kita akan memberikan kepada siswa master aplikasi zoteronya dan memandu siswa dari proses penginstalan sampai dengan cara penggunaan aplikasi tersebut. Jika dirasa perlu kami juga akan mengajarkan cara pembuatan daftar isi otomatis pada siswa,” tutur Amin.

Rencananya pelatihan tersebut akan diadakan pada pekan kedua bulan November dengan mengadakan workshop dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang diikuti oleh dua orang perwakilan dari masing-masing kelas X.

Terakhir, Amin berharap program kerja yang dipaparkan dapat berjalan dengan lancar serta mendapat dukungan dari pihak sekolah dan mampu mengedukasi masyarakat.

“Semoga program kerja yang kami paparkan berjalan dengan lancar dan tentunya sangat membutuhkan suport dari pihak sekolah serta semoga mampu mengedukasi buat masyarakat terkhusus untuk elemen sekolah,” harapnya. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani

Share and Enjoy !

0Shares
0 0