pelaksanaan kuiah umum prodi sosiologi FIS UNM - Foto.Ist
pelaksanaan kuiah umum prodi sosiologi FIS UNM - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) sukses menyelenggarakan kuliah umum bertemakan ‘Maritim Nusantara Selalu Jaya Dalam Tantangan’. Kamis, (22/10).

Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual melalui media zoom dan secara live melalui YouTube. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih 500 peserta dari berbagai macam kampus dan latar disiplin yang ikut meramaikan kegiatan tahunan kali ini.

Dalam sambutan ketua program studi sosiologi Idham Irwansyah, melaporkan agenda akademik tahunan yakni kuliah umum dengan mengangkat tema sosiologi maritim yang dalam pelaksanaanya dikaitkan dengan fenomena sosial yang berkembang serta berkaitan dengan bidang kajian sosiologi.

Kuliah umum ini menghadirkan dua pembicara nasional yang sangat berkompeten yakni Kementerian Kelautan yang diwakili oleh Kepala Bidan Riset dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam hal ini Sjarief Widjaja, F.RINA serta Arif Satria selaku Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Ketua Forum Rektor Indonesia.

Kegiatan kuliah umum ini dibuka langsung oleh Husain Syam selaku Rektor UNM. Rektor menyampaikan apresiasi dan rasa hormat kepada seluruh civitas akademika UNM, dan khususnya program studi sosiologi yang telah bersusah payah menghadirkan kegiatan yang luar biasa dengan hasil yang bagus dan memuaskan dengan jumlah peserta lebih 500 partisipan.

“Ini luar biasa di tengah suasana pandemi kita dapat memanfaatkan teknologi untuk mengajak teman-teman untuk menjadi bagian acara pencerahan yang dikemas dengan kuliah umum oleh dua pembicara yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Rektor UNM berharap pada momentum ini seluruh partisipan yang terlibat bisa memanfatkan waktu sebaik mungkin dikegiatan virtual kuliah umum.

Arif Satria selaku Rektor IPB dan Ketua Forum Rektor Indonesia dalam materinya mengharapkan pengembangan kemaritiman berangkat dari dunia akademik yakni kampus yang dapat mengambil peran dalam pengembangan literasi dan riset kemaritiman. Kemudian beliau juga menegaskan bahwa peningkatan kualitas SDM nelayan dengan memanfatkan teknologi dalam roses pengembangan kemaritiman, nelayan harus melek teknologi.

Sjarief Widjaja, F.RINA Kepala Badan Riset dan Pengembangan SDM KKP, Indonesia adalah negara kepulauan yang 70% luas wilayah hampir sepenuhnya adalah wilayah laut, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memanfatkan potensi yang ada, dengan mendorong pelatihan publik dalam mengembangkan SDM untuk meraih kejayaan maritim di nusantara. (*)

*Reporter: Nur Fazila

Share and Enjoy !

0Shares
0 0