Peregangan tubuh dapat mencegah osteoporosis - Foto.Int
Peregangan tubuh dapat mencegah osteoporosis - Foto.Int

PROFESI-UNM.COM – Tanggal 20 Oktober diperingati sebagai hari osteoporosis. Osteoporosis adalah sejenis penyakit pada tulang yaitu pengeroposan tulang.

Semakin tua usia seseorang maka akan semakin mudah dia terkena penyakit osteoporosis ini. Tapi jangan kawatir karena sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi resiko terkena penyakit ini.

Langkah untuk menghindari osteoporosis, yaitu :

  1. Rutin berolahraga
    Ada dua jenis olahraga yang paling direkomendasikan yaitu olahraga beban dan olahraga ketahanan. Olahraga beban dapat berupa lari, aerobik, hiking dan tenis. Olahraga ketahanan adalah olahraga yang bertujuan untuk memperkuat otot dan tulang. Masih banyak juga olahraga lainnya yang dapat dilakukan.
  2. Perbanyak asupan kalsium
    Jika termasuk ke dalam kelompok usia 18-50 tahun, tubuh membutuhkan 1000 miligram (mg) kalsium setiap hari. Setelah wanita menginjak usia lebih dari 50 tahun dan pria memasuki usia 70 tahun, kebutuhan kalsium meningkat yaitu hingga 1200 mg setiap hari.
  3. Konsumsi Vitamin D
    Makanan yang baik sebagai sumber vitamin D adalah ikan seperti salmon dan tuna. Selain itu, jamur, telur, susu, dan sereal juga dapat membantu meningkatkan asupan vitamin D.
  4. Penuhi kebutuhan protein
    Jika ingin melakukan pencegahan terhadap osteoporosis, penuhi kebutuhan protein harian dengan makan makanan sumber protein yang baik seperti ikan, daging, telur, keju, susu, dan sebagainya. Diet tinggi kalori dan protein juga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mempertahankan massa tulang.
  5. Pertahankan berat badan ideal
    Berat badan rendah merupakan faktor utama penyebab turunnya kepadatan tulang dan pengeroposan tulang. Biasanya, hal ini terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause sebagai efek penurunan hormon estrogen.
  6. Hindari merokok
    Menurut National Osteoporosis Foundation, kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Maka itu, jika kamu seorang perokok, lebih baik berhenti dan praktekkan gaya hidup sehat untuk tulang, misalnya mengonsumsi makanan penguat tulang.

Itulah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan agar tulang mu tetap kuat seperti yang dilansir dalam Halo Sehat. Selamat hari osteoporosis dan tetap jaga tulang mu. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani

Share and Enjoy !

0Shares
0 0