Prodi AP Pascasarjana menggelar PKM pelatihan penulisan artikel ilmiah dan manajemen referensi, Jumat (16/10). Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Pascasarjana Univesitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pelatihan Penulisan Atikel Ilmiah dan Manajemen Referensi via daring melalui aplikasi Zoom, Senin, (19/10).

Kegiatan ini terdiri dari dua materi, materi pertama yakni Teknik Penulisan Karya Ilmiah yang dibawakan langsung oleh Muh. Ilham Bakhtiar yang juga merupakan pengelola OJS dan materi kedua Manajemen Referensi yang dibawakan oleh salah satu dosen Prodi Administrasi Pendidikan Andi Wahed.

Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa pascasarjana Prodi Administasi Pendidikan jenjang S2 dan S3 dan betujuan untuk membantu mahasiswa untuk membuat Karya Tulis Ilmiah yang disertai referensi yang baik dan benar.

Faridah Ohan, yang merupakan Keynote Speaker dalam acara ini mengungkapkan kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa pascasarjana, terlebih bagi yang akan menyusun skripsi maupun proposal.

“Kegiatan ini tentu sangat bemanafaat bagi mahasiswa S2 yang akan menyusun skripsinya, dan untuk mahasiswa S3 sebentar lagi mulai harus Menyusun proposal. Dari kegiatan ini kita harus bisa memaksimalkan penggunaan manajemen referensi ini dan untuk mulai membangun library digital milik kita sendiri”, ungkapnya.

Ilham Bakhtiar sebagai pemateri memebeberkan mengenai artikel mana yang layak dan tidak untuk dipublikasikan serta bagaimana cara publikasi ilmiah yang baik.

“Ada beberapa artikel yang tidak layak dipublikasikan, seperti laporan penelitian yang sudah usang, juga artikel plagiat, artikel dengan simpulan yang tidak jelas dan juga artikel yang telah disubmit pada jurnal ilmiah. Dan untuk publikasi ilmiah yang baik itu haus memperhatikan kualitas dai artikel ilmiah serta kualitas jurnal sebagai tempat publikasi,” bebernya. (*)

*Reporter: Andi Tenri Abeng