DJMTD LPM BIOMA HIMABIO FMIPA UNM yang dilaksanakan secara daring - Foto.Fikri-Profesi
DJMTD LPM BIOMA HIMABIO FMIPA UNM yang dilaksanakan secara daring - Foto.Fikri-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) BIOma Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makasssar (UNM) resmi ditutup. Penutupan ini berlangsung secara daring via Zoom. Minggu, (18/10).

Steering Committee, Kurniawan mengatakan bahwa setiap peserta diharapkan mampu mengetahui bidang mana yang akan mereka ikuti nantinya. Sehingga mereka bisa fokus pada suatu bidang tertentu.

“Di LPM BIOma sendiri ada beberapa bidang yang bisa teman-teman pilih, untuk nantinya mendalami bidang tersebut. Seperti bidang penerbitan, bila teman-teman berminat di bidang itu bisa belajar langsung ke anggota bidang tersebut,” katanya.

Selain itu peserta yang akan melewati beberapa tahap sebelum dikukuhkan ini juga harus mampu menerapkan dasar-dasar ilmu jurnalistik yang telah diberikan. Seperti membedakan antara berita umum dan berita khusus.

Hal ini disampaikan oleh Pemimpin Redaksi, Ariani Agustini. Menurutnya peserta pada saat melakukan peliputan lapangan harus membedakan antara berita umum dan khusus agar bisa terarah dalam liputan.

“Liputan khusus itu adalah liputan yang hanya terjadi di suatu daerah atau tempat yang tidak diketahui oleh orang lain di tempat lain. Sedangkan berita umum itu menyangkut kepentingan banyak orang dan diketahui oleh orang diberbagai tempat,” jelasnya. (*)

*Reporter: Fikri Rahmat Utama

Share and Enjoy !

0Shares
0 0