Masker yang baik digunakan. Foto: Int

PROFESI-UNM.COM – Penyebaran virus corona yang cepat hingga masuk ke Indonesia, membuat semua orang berbondong-bondong mencari masker sebagai langkah awal pencegahan.

Berikut tiga masker yang baik untuk digunakan:

  1. Masker kain

Masker yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI ini dapat digunakan sebagai pencegahan. Masker ini dapat menahan percikan air liaur saat berbicara, bersin, ataupun batuk.

Penggunaan masker kain secara benar sesuai prosedur yang ada, maka pencegahan penularan virus corona akan berkurang. Walaupun demikian, penerapan physical distancing  juga harus tetap dilakukan.

2. Masker bedah

Masker bedah atau surgical mask merupakan jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan oleh tenaga medis saat bertugas. Masker ini dianggap lebih efektif digunakan karena mampu mencegah penyebaran virus Corona.

Kebanyakan masker bedah memiliki tiga lapisan dengan fungsi yang berbeda, yaitu:

Lapisan luar, anti air.

Lapisan tengah, berfungsi sebagai filter kuman.

Lapisan dalam, berguna untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut.

3. Masker N95

Masker N95 juga efektif untuk mencegah penularan virus Corona. Masker ini tak hanya mampu menahan percikan air liur berhamburan keluar, tetapi masker ini juga mampu menahan partikel kecil di udara untuk masuk dan dihirup.

Karena fungsinya yang bagus, masker N95 memiliki harga yang lebih mahal. Meskipun daya lindungnya terbilang bagus, tetapi dalam penggunaannya tidak disarankan tiap hari. Hal tersebut disebabkan oleh desainnya yang membuat orang yang memakai bisa sulit bernapas, gerah, dan tidak betah memakainya dalam jangka waktu yang agak lama.(*)

Sumber: Alodekter
*Ratu F. A.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0