Pamflet tim PKM Salsabilah mahasiswa PGSD FIP UNM - Foto.Ist
Pamflet tim PKM Salsabilah mahasiswa PGSD FIP UNM - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Salsabilla Nurzakinah. A Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil lolos tahap pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dengan judul penelitian ‘PAKEM the Box of Pinisi sebagai Reaktualisasi Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar’. Jumat, (16/10).

Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu library research beberapa jurnal ilmiah yang dirancang menggunakan Reseach and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implemention, Evaluation).

Salsabilla Nurzakinah. A selaku Ketua Tim PKM mengungkapkan dirinya bangga timnya dapat lolos ke tahap pendanaan PKM.

“Alhamdulillah saya bangga masih diberikan kesempatan bersama tim untuk sampai pada tahap insentif ini bersama 3788 tim lainnya diseluruh universitas yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini yakni mampu merektualisasi pembelajaran dimana guru tidak hanya terfokus pada buku paket saja.

“Kami mengangkat judul ini agar tereaktualisasinya pembelajaran yang dikhususkan pada siswa sekolah dasar. Di mana, guru tidak hanya menjadikan buku paket sebagai media pembelajaran namun bisa memanfaatkan perkembangan teknologi berupa media pembelajaran salah satunya PAKEM the Box of Pinisi yang dikonsep agar tercipta pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan berbasis digital yang mengandung unsur form of culture atau unsur kebudayaan Sulawesi Selatan itu sendiri berupa Pinisi,” jelasnya.

Terakhir, dia juga mengatakan harapannya agar melalui penelitian ini mampu memberikan inovasi baru dalam pelajaran dengan sekaligus melestarikan budaya.

“Harapan kita bersama agar karya ini bisa menjadi saluran informasi adanya reaktualisasi pembelajaran pada siswa sekolah dasar berbasis digital yang tidak menghilangkan kearifan lokal, khususnya daerah Sulawesi Selatan itu sendri,” harapnya. (*)

*Reporter: Fitria Indah Saraswati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0