Pelaksanaan DJMTD 2020 LPM BIOma, Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) BIOma siap menggelar Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) yang merupakan program kerja tahunan Bidang Penelitian dan Pengembangan LPM BIOma untuk merekrut anggota baru, Jumat, (16/10).

Program ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM khususnya dalam bidang jurnalistik, menumbuh kembangkan pengetahuan dan potensi mahasiswa di bidang jurnalistik, dan menghasilkan kader yang berkompeten di bidang jurnalistik.

Dampak pandemi Covid-19, kegiatan DJMTD tahun 2020 akan diselenggarakan secara daring melalui aplikasi konferensi video Zoom. DJMTD tahun ini terdiri dari tujuh tahapan, yaitu:

  1. Sosialisasi.
  2. Pendaftaran dan pengisisan formulir secara online.
  3. Wawancara
  4. Penerimaan materi.
  5. Liputan lapangan.
  6. Magang.
  7. Pengukuhan.

DJMTD telah sampai pada tahap wawancara yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 14 Oktober 2020. Setelah tahap wawancara, akan ada penerimaan materi yang dilaksanakan pada 16 hingga 18 Oktober 2020, kemudian dilanjutkan dengan agenda liputan lapangan di daerah peserta masing-masing (domisili) yang dimulai pada tanggal 18 Oktober 2020.

Peserta yang telah menerima materi dan melakukan liputan lapangan akan mengikuti proses magang selama satu bulan, yakni pada 19 Oktober – 18 November 2020.

Peserta yang telah berhasil hingga ke tahap magang akan dikukuhkan secara resmi melalui agenda pengukuhan pada tanggal 28 hingga 30 November 2020.

Setelah seluruh rangkaian kegiatan DJMTD selesai, peserta dinyatakan resmi menjadi reporter baru LPM BIOma HIMABIO FMIPA UNM.

Meskipun digelar secara daring, Nurinayah Nurdin selaku Ketua Panitia berharap agar DJMTD dapat melahirkan reporter-reporter yang memiliki wawasan yang luas, inisiatif dan kreatif, memiliki nalar yang kuat sehingga dapat menjadi insang pers yang diharapkan.

“DJMTD dapat dikatakan sukses apabila semua tahapan terlaksana serta melahirkan reporter yang memiliki wawasan yang luas, inisiatif dan kreatif, peka atau memiliki nalar yang kuat. Untuk panitia, pengurus, dewan redaksi, dan SC, saya berharap tetap semangat dalam menjalankan tugasnya karena dengan kerja sama yang baik dapat membuat DJMTD berjalan dengan lancar,” jelas mahasiswa angkatan 2018 ini.

Sementara itu, Khusnul Khatimah yang merupakan salah satu peserta dari DJMTD LPM BIOma mengatakan, Dia tertarik bergabung sebab ingin mengembangkan bakat dalam bidang penulisan.

“Saya dari dulu memang sudah tertarik dengan LPM BIOma, sebab ingin mengembangkan bakat dalam bidang jurnalistik dan kepenulisan” ujarnya.

Selama kegiatan DJMTD berlangsung, peserta dapat membangun komunikasi dan mengajukan pertanyaan seputar DJMTD melalui grup WhatsApp yang telah disediakan oleh panitia pelaksana. (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan