Pelaksanaan PKP2 mahasiswa UNM yang lolos ke tahap pendanaan - Foto.Ist
Pelaksanaan PKP2 mahasiswa UNM yang lolos ke tahap pendanaan - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Tiga Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yakni Andi Azis Ashar, Nurfatimah Rohim, dan Asri Ansar lolos pendanaan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Penelitian Sosial Humaniora (PSH) UNM dengan judul penelitian MAPS (Macromedia Flasf of Pappaseng). Kamis, (15/10).

Hingga kini, tim tersebut telah melakukan tahap Kegiatan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) yang dilaksakan secara daring oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 1 hingga 14 Oktober 2020.

Hal ini merupakan sebuah cara yang unik dalam melestarikan kearifan lokal, penelitian ini sebagai transformasi media pembelajaran Muatan Lokal (Mulok) dalam mempertahankan nilai kearifan lokal budaya.

Pappaseng yang sarat akan makna dan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter ini menjadi hal penting untuk dipertahankan mengingat kearifan lokal Pappaseng yang sudah mulai dilupakan.

Andi Azis, sangat berharap MAPS dapat diterapkan nantinya sebagai media pembelajaran untuk mempertahankan nilai kearifan lokal di Sulawesi Selatan.

“Saya berharap dengan digitalisasinya Pappaseng ke dalam media pembelajaran Mulok dengan bantuan macromedia flash-8 ini mampu meningkatan motivasi belajar peserta didik dan mampu mempertahankan nilai kearifan lokal Pappaseng yang mulai terlupakan,” harap mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UNM ini.

Reviewer PKP2 Bambang wibisono mengatakan bahwa hasil dari penelitian ini akan diuji jika situasi sudah mendukung untuk melakukan pengujian.

“Hasil penelitian ini adalah menghasilkan desain macromedia flash pappaseng yang kalau nantinya situasi sudah memungkinkan akan diuji,” jelasnya.

Aris Junaidi dalam pembukaannya mengatakan bahwa masih banyak hal yang akan dipersiapkan dalam proses menuju penilaian PKM ke tahap PIMNAS ini.

“Kegiatan PKM ini di lakukan selama 2 bulan dan di lakukan secara daring dengan jumlah judul yang akan di nilai yaitu 3.789 judul dan jumlah mahasiswa yang terlibat 13.769 mahasiswa dan jumlah revier yang terlibat 119 reviewer. Hasil penilaian terbaik reviewer akan di usulkan di PUSPRENAS Uuntuk mengikuti PIMNAS,” tuturnya. (*)

*Reporter: Muh. Sauki Maulana

Share and Enjoy !

0Shares
0 0