Pelaksanaan PKP-PKM 2020 oleh Kemendikbud. Foto: Dela-Profesi
Pelaksanaan PKP-PKM 2020 oleh Kemendikbud. Foto: Dela-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak lima mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam satu tim berhasil lolos pendanaan Program Kreatifitas Mahasiswa Penerapan Teknologi (PKM-T) dengan judul “Perangkat Lunak Lopipedia sebagai Wadah Pemasaran Perahu Pinisi Masyarakat Bontobahari”, Rabu (14/10).

Kelima mahasiswa tersebut yakni, Danial Fanzeka dari jurusan Matematika, Nirwan Arif Indah Wijaya dari jurusan Matematika, Titi Hardianti Suardi dari jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Amhar Muftin dari jurusan Matematika, dan Andi Dela Irmawati dari jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.

Tim tersebut kini telah mengikuti tahap kegiatan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) bersama Kemendikbud yang berlangsung secara daring sejak 1 hingga 14 Oktober 2020.

Danial Fanzeka, selaku ketua tim mengatakan perangkat lunak Lopipedia ini dirancang untuk membantu para pengusaha pinisi dalam memasarkan produknya. Selain itu, perangkat lunak ini juga dapat membantu para pekerja pinisi menemukan lowongan pekerjaan dan membeli perlengkapan perahu pinisi.

“Kami melihat para pengusaha pinisi di Kecamatan Bontobahari, Bulukumba kesulitan dalam memasarkan produknya atau mencari pekerja, oleh sebab itu kami merancang Lopipedia untuk membantu mereka,” katanya.

Reviewer PKP2, Sri Rahman mengatakan Lopipedia ini jika ditelaah akan mampu menjawab tiga permasalahan yakni, pemasaran perahu pinisi, pencarian lowongan pekerjaan, dan keperluan perawatan atau reparasi perahu.

“Menurut saya suatu ide yang bagus karena bisa menyelesaikan banyak masalah,” katanya.

Danial Fanzeka berharap, PKM ini dapat dilaksanakan dengan baik dan dibawa ke PIMNAS sehingga permasalahan masyarakat Bontobahari secara khusus dapat teratasi. “Kami harap rancangan perangkat lopipedia ini dapat terwujud dan banyak digunakan di masyarakat,” tutur mahasiswa angkatan 2017 ini. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0