Kelas Ekonomi Syariah via Zoom - Foto.Ist
Kelas Ekonomi Syariah via Zoom - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Keluarga Muslim Manajemen (KMM) Asy-Syaamil Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makasar (UNM) melaksanakan Kelas Ekonomi Islam (KEI) 2020 dengan tema ‘Ta’aruf Pendidikan Bersama Ekonomi Syariah’ yang digelar via zoom. Minggu (11/10).

Acara ini dihadiri oleh Rezki Amalia Hamka selaku Ketua Tim Manajemen Sekolah Nur Miyazaki Islamic Character School 2019 sebagai pemateri, pengurus KMM Asy-Syaamil, dan mahasiswa FE.

Rezki Amalia Hamka dalam materinya mengatakan bahwa tujuan diselanggarakannya kegiatan ini yaitu sebagai salah satu wadah untuk mencapai hidup yang Al-Falah.

“Tujuan kegiatan ini adalah Al-Falah yaitu kesuksesan yang hakiki berupa tercapainya kesejahteraan dunia dan akhirat,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa orang yang dapat memahami dengan jelas ekonomi islam itu akan memiliki sifat syariah dan berjalan sesuai sunnah Rasul.

“Sedangkan sumber ekonomi islam itu dia berasal dari Al-Quran dan sunnah satu-satunya sumber yang kemudian mendapatkan langsung dari Allah. Jadi ekonomi islam itu kalau orang benar-benar paham dia akan melakukan konsep islam sesuai dengan syariah dan juga sesuai dengan sunnah Rasul,” katanya.

Terakhir dia mengatakan bahwa ekonomi islam dapat dipelajari dari hal yang kecil sebagai pondasi awal kita belajar memahami ekonomi syariah ini.

“Ekonomi islam bisa di terapkan dari hal kecil dengan menggunakan prinsip muamalah. Misalkan tidak sering menawar berlebihan ke penjual sayur. Harus di sesuaikan dengan kondisi si penjual,” jelasnya. (*)

*Reporter : Sumaya Nursyahida/Editor: Fitria Indah Saraswati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0