Lab Story Sex Education via Zoom - Foto.Fitria-Profesi
Lab Story Sex Education via Zoom - Foto.Fitria-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menghelat Lab Story Sex Education melalui aplikasi Zoom. Minggu, (4/10).

Kegiatan yang bertemakan “Tabu bicara sex dan Pelecehan sexsual pada remaja.” Dihadiri oleh Octamaya Tenri Awaru, selaku Dosen Pendidikan Sosiologi UNM dan NurFadilah Umar, selaku Dosen Bimbingan dan Konseling UNM.

Dalam pembawaan materi, NurFadilah Umar mengatakan bahwa pelecehan sex bukan hanya tentang kekerasan, atau sentuhan tetapi juga tatapan dan lirikan.

“Ketika kita sedang berjalan sendirian maupun berdua tiba-tiba ada segerombolan laki-laki atau perempuan yang mengatakan suit..suitt godain kita dong. Itu secara tidak sengaja melecehkan seksual seseorang.” Ungkapnya.

Lanjut, Dosen Bimbingan dan Konseling itu juga menjelaskan perasaan apa saja yang dialami ketika sedang dilecehkan.

“Pertama-tama, yang pasti kita rasakan adalah rasa malu dan merasa bersalah. Kedua, menyalahkan diri sendiri dan kurang percaya diri hingga merasa kurang berharga dan yang parah depresi dan traumatik” Jelasnya.

Kemudian, Nurfadilah memberikan tips bagaimana cara menghadapi pelecehan seksual. “Teriak dan lari, ceritakan pada orang terdekat, meminta bantuan, jangan diam, laporkan kepihak berwenang, melawan pelaku dengan ilmu bela diri, bersikap tegas dan mengonfrotansi langsung pelaku.” (*)

*Reporter: Fitria Indah Saraswati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0