Proses pengajaran dan pendampingan apa itu emosi dan perasaan marah, oleh para KPAJ. Foto-ist

PROFESI-UNM.COM – Salah satu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penelitian dengan memberikan buku curhat kepada anak jalanan di Komunitas Pecinta Anak Jalanan (KPAJ) pada area Binaan Adyaksa, Minggu, (27/9).

Seluruh proses PKM dilakukan secara daring, yang di mana untuk konsultasi dan membahas hal teknis kepada pendamping dilakukan melalui Whatsapp atau pun Zoom Meeting.

Anggota PKM ini membuat modul penggunaan buku curhat dan buku curhat i-Message untuk anak jalanan yang dikhusukan kepada pendamping KPAJ.

Buku Curhat yang dibuatkan untuk para pendamping KPAJ ditujukan untuk dapat mengetahui dan mengajarkan kepada anak jalanan, sementara buku curhat i-Messege dikhusukan untuk anak jalanan, agar mereka dapat menurunkan agresi yang dimiliki.

Nurfajri selaku Ketua dari PKM ini menjelaskan ada empat tahap pada penelitian yang dilakukan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pelatihan modul atau pelatihan Self-Counseling, tahap evaluasi dan terakhir tahap Follow Up.

“Tahap pertama, di mana kami mengobservasi perilaku adik-adik yang dibantu oleh pendamping KPAJ, kemudian tahap kedua pelatihan modul penggunaan buku curhat kepada pendamping dan pendamping mengajarkan materi dan penggunaan buku curhat kepada adik-adik,  serta pelatihan Self-Counseling agar adik-adik dapat mengenali mengidentifikasi dan mengontrol serta belajar mengembangkan perilaku yang lebih positif,” jelasnya.

Lanjut, Ia mengatakan bahwa observasi akan kembali dilakukan yang dibantu oleh pendamping KPAJ dan akan meninjau penurunan agresinya.

“Untuk tahap ketiga, melihat keberhasilan buku curhat i-Message, kami kembali mengobservasi anak jalanan yang di bantu oleh pendamping KPAJ dan terakhir, tahap keempat Follow Up, di mana dari hasil observasi kami melihat adik mana yang penurunan agresinya paling tinggi maka akan di jadikan duta anti agresi,” tambahnya.

Anggota dari PKM ini terdiri dari empat orang yakni Ketua, Nurfajri Kasmin Marina jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Prodi Bimbingan Konseling angkatan 2017, dan 3 anggota lainnya yakni Muhammad Rafli urusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Prodi bimbingan Konseling angkatan 2019, Adrian Asri jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2017 dan Mutmainnah Arham jurusan Pendidikan Sosiologi angkatan 2017. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A

Share and Enjoy !

0Shares
0 0