KKN UNM di Kecamatan Camba, Maros, Jumat (25/9). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Istilah \KKN mungkin tak lagi asing di telinga sebagian orang. Kuliah Kerja Nyata atau yang lebih sering kita dengar merupakan program yang dilaksanakan oleh setiap kampus, Jumat, (25/9).

KKN ini mempunyai visi dan misi pengabdian di masyarakat dengan dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok akan ditempatkan di daerah yang biasanya relatif jauh dari perkotaan. Di daerah itu pula nantinya mahasiswa akan tinggal sembari menyelesaikan program kerja selama sebulan atau lebih.

Nah, saat ini mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) pun tengah menjalani KKN Terpadu-Reguler pada 15 September 2020. Tidak berbeda dengan kampus-kampus lain, dalam melaksanakan kegiatan KKN mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam memberdayakan peran masyarakat.

Berikut ada beberapa tips untuk mahasiswa yang tengah melaksanakan KKN agar sukses dalam KKN.

  1. Ikuti pembekalan KKN

Sebelum terjun ke lapangan, mahasiswa perlu mengikuti yang namanya pembekalan. Dari sini pastikan kamu mendapatkan gambaran tentang desa yang akan ditempati.

Biasanya peserta KKN akan diberikan pengetahuan tentang budaya, adat istiadat serta kebiasaan warga masyarakat setempat. Tidak hanya itu kamu juga akan menerima materi tentang bagaimana cara menjalankan program kerja dan pendekatan terhadap masyarakat agar program kerja bisa terselesaikan.

2. Buat proker yang logis

Program kerja atau proker menjadi hal penting yang dibawa mahasiswa selama KKN. Sebelum menentukan proker ada baiknya kamu melakukan survey. Hasil survei ini kemudian menjadi landasan kamu untuk merancang proker yang logis dengan memanfaatkan waktu yang ada. Artinya, jangan membuat proker yang dirasa tidak sesuai dan lantas menjadi harapan palsu bagi masyarakat setempat.

3. Adakan evaluasi rutin

Rapat evaluasi menjadi kegiatan wajib bagi peserta KKN. Kalau memungkinkan kamu sebaiknya melakukannya setiap hari. Hal ini demi monitoring kegiatan yang jelas dan menjadi bahan persiapan untuk hari-hari selanjutnya.

Selain itu, menjalankan evaluasi setiap hari bisa membuat ikatan sesama kelompok menjadi kuat. Melalui rapat evaluasi kamu akan menemukan kebersamaan kelompok, suka maupun duka.

4. Komunikasi dengan DPL itu penting

Setiap kelompok sudah pasti punya Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Yang perlu ditekankan yaitu jangan sungkan berkomunikasi dengan DPL kamu. Karena sudah menjadi tanggung jawab DPL untuk membimbinga mahasiswa terlebih bila kamu mendapati masalah selama KKN.

5. Jangan tunda laporan, kerjakan sekarang!

Sudah menjadi penyakit kebanyakan mahasiswa untuk menunda-nunda tugas ataupun laporan. Ada baiknya hal ini untuk dihindari. Artinya yah kerjakanlah proker sekaligus selesaikan pula laporannya saat itu juga, jangan menunggu selesai KKN baru dikerjakan. Ini akan menyusahkan kalian untuk mengerjakan laporan Akhir KKN. (*)

*Reporter: Andi Tenri Abeng

Share and Enjoy !

0Shares
0 0