Tim PKM-T menggelar sosialisasi secara daring, Rabu (23/09). Foto-Ist

PROFESI-UNM. COM – Sebagai upaya meningkatan mutu biji kakao, Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Teknolgi (PKM-T) telah menggelar sosialisasi Depulping Cacao Technology secara daring pada 10 Agustus hingga 30 September 2020 mendatang, Rabu, (23/9).

Sosialisasi ini dilakukan secara virtual melalui video tutorial kepada mitra. Hal tersebut dikarenakan sudah menjadi aturan yang hanya sebatas desain animasi saja.

“Alat dikenalkannya ji ke mitra pakai video tutorial animasi 3D, tidak sampai diaplikasikan pi. Tapi belum pi alat aslinya, hanya animasi 3D, karena PKM tahun ini, tidak sampai dibuat itu alat hanya animasi 3D yg diperlihatkan ke mitra. Tidak boleh dilihat langsung sama mitra, tidak boleh juga dibuat alatnya, karena aturannya hanya dibuatkan desain animasinya,” jelas Ketua Panitia PKM-T.

Ketua Tim PKM-T, Nurfaillah menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memudahkan mitra dalam melakukan pemerasan pulp biji kakao basah dan mengurangi waktu pengerjaan pengeringan biji kakao.

“Untuk memudahkan Mitra (Ketua Kelompok Tani Tammadohong) dalam melakukan proses pemerasan pulp biji kakao basah tanpa harus melakukannya secara manual melalui Depulping Cacao Tekcnology (Alat Pemeras Pulp Biji Kakao) secara otomatis, sehingga biji kakao kering yang dihasilkan memiliki mutu yang baik. Dengan demikian, mitra dapat mengefesienkan tenaga dan waktu kerja serta adanya peningkatan nilai jual biji kakao kering,” jelasnya.

Lanjut, mahasiswi dari Prodi Pendidikan Teknik Pertanian (PTP) ini menuturkan, penerapan dari kegiatan ini dapat memaksimalkan mutu biji kakao dan diharapkan dapat melancarkan mitra dalam melakukan pemerasan pulp biji kakao.

“Penerapan alat ini dimaksudkan agar Mitra dapat meningkatkan mutu biji kakao kering sesuai dengan sumber daya daerahnya. Hasil usaha tersebut diharapkan dapat memudahkan mitra dalam melakukan pemerasan pulp biji kakao dan adanya peningkatan mutu biji kakao kering yang dihasilkan oleh mitra di Kecamatan Kajang,” ujarnya.

Tim tersebut terdiri dari Nurfaillah (Ketua Tim), Muh. Fikriadi Darwis (Anggota Tim 1), M. Hafiz Ma’ruf Asis (Anggota Tim 2) dan Yunita Hapsari (Anggota Tim 3). (*)

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0