Penyuluhan tim PKM secara daring pada ibu-ibu di Majelis Taqlim Lakellu Desa Watu, Watansoppeng, Kamis, (17/9) - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menorehkan prestasinya di bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) setelah melalui perjuangan panjang UNM akhirnya lolos menjadi 10 besar universitas yang lolos pendaan pada ajang bergengsi ini.

Salah satu tim dari Universitas Negeri Makassar yang lolos sampai pada tahap pendanaan yaitu tim yang oleh Arham Fakultas Seni dan Desain (FSD) dengan judul penelitian ‘Pemanfaatan Hama keong Terpadu terhadap Istri Petani di Desa Walattasi Kabupaten Soppeng’ yang telah melakukan tahap penyuluhan bersama ibu-ibu Majelis Taqlim Lakellu Desa Watu, Watansoppeng.

Sulfiani, anggota tim kelompok ini mengatakan bahwa sejauh ini tim mereka telah bekerja sama dengan baik dan banyak relasi yang sudah tercipta.

“Tim kami ini bekerja sama dengan beberapa mahasiswa yang ada di UNM ada dari FSD, FBS, FT dan FMIPA, dengan adanya kegiatan ini kami merasa bersyukur bisa saling kenal dan bertukar pikiran antar lintas Fakultas berkat adanya PKM ini,” ujarnya, Kamis, (17/9).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa untuk sampai pada tahap ini sudah banyak tahap yang mereka lalui. Mulai dari tahap pengajuan judul hingga pendanaan.

“Ada beberapa tahapan yang dilalui oleh tim ini sebelum sampai pada tahap yang sekarang, mulai dari tahap pertama pengusulan judul, pengusulan proposal, setelah diusulkan dan berhasil lolos selanjutnya verifikasi berkas dan pendiskusian bersama Tim untuk menjanalankan PKM tersebut,” jelasnya.

Untuk sebuah proses tentu akan ada banyak kendala yang muncul, suka duka pasti ada. Begitu juga yang dialami oleh tim yang diketuai oleh Arham mahasiswa FSD UNM ini.

“Tidak mudah menjalankan apa yang telah direncanakan diawalnya, dikarenakan ada beberapa masalah dan kendala yang dihadapi tim ini sebelum sampai pada tahap penyuluhan tersebut,” ungkapnya.

Prusdianto Jalil dosen pembimbing dari tim ini juga mengatakan rasa bangga pada tim yang dibimbingnya, dia berharap tim ini tetap menjaga semangatnya hingga lolos di Pekan Ilmih Nasional (PIMNAS).

“Saya selaku pendamping dari tim saya yang lolos ini. Saya merasa bangga dengan tim ini karena tim ini sungguh sangat bersemangat dan produktif pada saat keluar pengumuman bahwa tim mereka berhasil lolos, dan saya berharap tim ini juga bisa lolos sampai pada tahap akhir yaitu PIMNAS,” harapnya. (*)

*Reporter: Kristiani Tandi Rani

Share and Enjoy !

0Shares
0 0