Ketua LP2M UNM memberikan pembekalan KKN. Kamis (17/9). Foto: Dela-Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 4896 mahasiswa secara resmi dilepas oleh Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan berlangsung secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Kamis, (17/9).

Acara pelepasan ini kemudian dirangkaikan langsung dengan acara pembekalan. Salah satu pembekalan diberikan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Bakhrani Rauf.

Guru Besar Fakultas Teknik (FT) ini membekali mahasiswa KKN dengan memberikan rekomendasi Program Kerja (Proker) yang dapat dijalankan dilokasi KKN.

Beberapa contoh kegiatan yang pernah diadakan oleh LP2M yang ia rekomendasikan diantaranya pelatihan pembelajaran online, pelatihan belajar kelompok, pelatihan penanaman sayuran Hidroponik di pekarangan rumah, pelatihan pemberdayaan masyarakat pengrajin masker, pelatihan pembuatan Hand Sanitizer, pelatihan kesiap-siagaan bencana alam, pelatihan peduli lingkungan, pengadaan bank sampah dan penanaman bibit pohon, literasi digital untuk mencegah berita hoaks, dan sebagainya.

Ia juga menyarankan untuk mendaur ulang limbah seperti koran, gelas plastik, ban bekas, dan kemasan pembungkus sabun. Sebagaimana ia mendaur ulang limbah koran fajar untuk dibuat miniatur gedung graha pena, limbah tabloid profesi untuk dibuat miniatur gedung pascasarjana, ataupun gelas plastik untuk dijadikan tudung saji.

“Mahasiswa harus selalu kreatif dan bisa menfaatkan apapun, banyak hal bisa dilakukan meski pandemi,” katanya. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0