Nana Djamal saat mencontohkan pengolahan suara,Minggu (13/9) - (Foto: Muhammad Ilham Akbar. B)

PROFESI-UNM.COM – Teknik penyiaran menjadi materi terakhir Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJMTD) LPM Profesi. Selain menjelaskan materi Presenter i-News TV, Nana Jamal juga mempratikkan langsung bagaimana mengolah napas dengan benar.

“Jangan menarik nafas terlalu keras pada saat akan mengucapkan sebuah kalimat. Latihan terlebih dahulu serta menyebutkan dengan huruf vocal dengan jarak waktu kurang lebih 8 detik,” ucapnya sambil memberikan contoh.

Wanita kelahiran Ujungpandang ini juga banyak menjelaskan perbedaan antara jenis vocal basah dan vocal kering. “Vocal basah membuat kalimat yang diucapkan tidak terdengar jelas, tetapi kalian pahami, tujuannya membuat suara yang terdengarkan empuk dan sopan banget masuk ketelinga,” jelasnya.

Sedangkan vocal kering menurut Nana, bertujuan untuk menghasilkan kalimat yang bertujuan terdengar jelas dan tegas, sesuai artikulasi, tidak bermaksud dilebihkan maupun dikurangi.

“Digunakan dengan tujuan terdengar jelas dan tegas, sesuai artikulasi, tidak dilebihkan maupun dikurangi,” tambahnya.(*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A

Share and Enjoy !

0Shares
0 0