Proses pewarnaan kain menggunakan pewarna alami- Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Dosen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Irmayanti beserta tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) membina masyarakat untuk membuat pewarnaan kain dengan teknik ecoprint. Kegiatan ini mengangkat tema ‘PKM Pemanfaatan Bahan Alami untuk Pembuatan Batik Ecoprint pada Yayasan Pendidikan Adhiputeri’ dan digelar di Yayasan Pendidikan Adhiputeri Kota Makassar, Minggu, (13/9).

Ketua PKM, Irmayanti mengatakan alasan diangkatnya judul tersebut karena melihat kondisi masyarakat yang masih belum paham akan adanya peluang usaha melalui pemanfaatan bahan-bahan alami dalam pewarnaan kain. Selain itu, pembinaan ini juga bertujuan untuk membagi ilmu keterampilan yang dimiliki pada masyarakat.

“Kurangnya pengetahuan dan pemahaman sebagian besar masyarakat akan manfaat dari bahan-bahan alam yang ada disekitar kita untuk digunakan sebagai bahan pewarna dan motif alam baik dari daun maupun bunga pada kain dengan teknik ecoprint,” katanya.

Ia melanjutkan, kegiatan tersebut harusnya sudah terlaksana pada bulan Mei lalu, namun akibat mewabahnya virus Corona maka kegiatannya di undur. Pelaksanaan pertama yaitu sosialisasi, berlangsung secara virtual pada 29 Agustus 2020 dan tahap kedua dilaksanakan pada 13 September 2020 secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sebenarnya kegiatan pelatihan ini sudah terencana sejak bulai mei, akan tetapi terkendala adanya covid 19 yang menyebabkan keterlambatan tim pengabdi untuk turun ke lokasi,” lanjutnya.

Terakhir, Ia berharap agar ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan berkontribusi dalam kehidupan masyarakat khususnya peserta pelatihan. Terlebih, menurutnya ecoprint merupakan ladang usaha yang ramah lingkungan.

“Diharapkan setelah pelatihan ini peserta pelatihan tetap terus berlatih dan berani untuk membuka usaha karena ecoprint ini merupakan ladang usaha besar yang sangat bermanfaat karena ramah lingkungan dan bahan yang dibutuhkan mudah diperoleh serta mudah dalam pembuatannya karena tidak menggunakan mesin,” harapnya.

Kegiatan ini di bawah bimbingan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM, Bakhrani A. Rauf dan dijalankan bersama dua dosen lain yaitu Hamidah Suryani dan Rissa Megavitry serta dibantu oleh tiga orang mahasiswa. (*)

*Reporter: Ratu F. A.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0