Rizky Army Pratama Saat Membawakan Materi, Minggu (13/9) - Foto.Muhammad Ilham Akbar. B

PROFESI-UNM.COM – Penerimaan Materi ‘Fotografi & Videografi’ Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2020 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) dibawakan oleh Rizky Army Pratama, Minggu (13/9).

Fotografer yang akrab disapa Ikky ini menjelaskan bahwa sebuah foto tidak harus berfokus kepada bagus tidaknya, melainkan bagaimana membuat orang yang melihat dapat mengerti apa yang sedang terjadi. Selain itu, kita tidak harus berfokus pada angle, melainkan pada apa yang ingin disampaikan, jangan sampai karena berfokus pada angle, apa yang ingin ditampilkan, tidak tersampaikan.

“Bagaimna seorang fotografer dan videografer dapat menggiring opini pembaca untuk melihat suatu kejadian dalam foto maupun video,” jelasnya.

Lanjut, ia mengungkapkan bahwa yang paling penting pada foto jurnalistik adalah momen, bukan kamera yang digunakan maupun hasilnya.

“Walaupun kita menggunakan camera handphone ga jadi masalah”, lanjutnya.

Terakhir, ia mengungkapkan bahwa seorang fotografer harus mempunyai etika ketika mengambil foto, dimana tidak sepatutnya memotret diruangan yang bersifat pribadi.

“Seorang fotografer tidak bertika ketika mengambil foto saat seseorang berada didalam ruang privat,” ungkanya. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A

Share and Enjoy !

0Shares
0 0