Pembawaan materi kedua DJMTD, Sabtu (12/9)- Foto.Muhammad Ilham Akbar.B

PROFESI-UNM.COM – Dalam Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2020 Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM), Layouter Sindo, Supriadi memberikan tips belajar desain grafis kepada peserta, Sabtu (12/9).

Supriadi menjelaskan untuk meningkatkan kreatifitas dalam desain grafis, yang mesti dilakukan oleh seseorang adalah menambah porsi waktu latihan. Selain itu, Ia menyarankan untuk lebih sering diskusi dan mengamati karya desain grafis.

“Persoalan bagaimana meningkatkan kreatifitas yakni dengan sering mencoba, sering melihat dan sering berdiskusi,” sebutnya.

Menurut pria yang kerap disapa Aril ini, pembuatan desain grafis rata-rata lebih menitikberatkan pada media cetak dan diperlukan perhatian dalam prosesnya. Seperti memperhatikan ruang kosong yang tersisa pada suatu media untuk diisi agar tampilan lebih menarik serta dipahami oleh pembaca, begitupun dengan pewarnaan desain.

“Pertama-tama, perhatikan ruang kosong, keseimbangan warna dan vocal poin. Kemudian, kejelasan bentuk, segi penulisan dan treatment atau warna,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga menyebut bahwa kondisi perasaan seseorang mempengaruhi kreatifitas seseorang. Sehingga akan berimbas pada bagus tidaknya hasil desain grafis kita.

“Persoalan kreatif itu juga tergantung moodyan,” sebutnya.

Akhir kata, Supriadi juga mengatakan bahwa jika sudah punya minat, keinginan jadi reporter maupun layouter pasti bisa yang terpenting adalah kemauan itulah syarat-syarat mendesain yang bagus.

“Tidak perlu orang yang jago, yang penting orang yang mau belajar,” ucapnya. (*)

*Reporter: Fitria Indah Saraswati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0