Fahrizal Syam saat mebawakan materi mengenai Teknik Wawancara dan Seni Menulis Berita dalam DJMTD LPM Profesi UNM, Sabtu (12/9) – Foto.Foto.Muhammad Ilham Akbar.B

PROFESI-UNM.COM Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD). Pada hari kedua ini, Jurnalis Tribun Timur turut andil dalam menyampaikan materi, Sabtu (12/9).

Fahrizal Syam, dalam pemaparan materinya terkait ‘Teknik Wawancara dan Seni Menulis Berita’ menyampaikan titik terpenting dalam wawancara narasumber. Yakni memosisikan diri sebagai orang yang butuh informasi tersebut.

“Kalau sudah bergabung di profesi, nantinya wawancara birokrat jangan tegang. Meskipun kita mahasiswa, posisikan diri sebagai jurnalis yang sedang mencari informasi,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Ical tersebut juga menyebutkan dasar-dasar wawancara patut diperhatikan. Dengan menguasai dasar wawancara, segala informasi yang ingin dicari akan didapatkan.

“Sebelum wawancara perhatikan dan pahami informasi yang akan digali. Kemudian susun pertanyaan, lalu temui narasumber,” pungkasnya.

Ia juga menambahkan bahwasanya pemahaman terkait isu atau informasi yang akan digali sebelum wawancara sangat membantu proses wawancara kedepannya. Sehingga semuanya terstruktur secara teratur. (*)

*Reporter: Aulia Ayu Aprilia

Share and Enjoy !

0Shares
0 0