Fahrizal Syam saat mebawakan materi mengenai Teknik Wawancara dan Seni Menulis Berita dalam DJMTD LPM Profesi UNM, Sabtu (12/9) – Foto.Foto.Muhammad Ilham Akbar.B

PROFESI-UNM.COM – Fahrizal Syam bagi tips wawancara untuk pemula melalui Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2020. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Wartawan Tribun Timur ini menerangkan, ketika ingin melakukan wawancara namun narasumber enggan menjawab kita dapat memancingnya dengan menggunakan pertanyaan yang hanya dapat dijawab ya dan tidak.

“Arahkan narasumber untuk jawab ya dan tidak, ketika narasumber mengatakan no comment itu sudah menjadi berita,Sabtu, (12/9),” terangnya.

Selain itu, penggunaan busana pada saat melakukan wawancara perlu diperhatikan oleh seorang jurnalis. Penggunaan kaos oblong, dipadukan dengan sendal jepit dinilai kurang sopan ketika akan menemui pejabat.

“Menggunakan baju yang sopan dalam wawancara perlu diperhatikan”, ucapnya.

Terakhir, Ia berpesan kepada seluruh peserta bahwasanya untuk bisa menulis disarankan untuk sering ataupun rajin membaca berita. Selain itu memahami isu yang akan ditanyakan, rajin berdiskusi, mengakrabkan diri dengan narasumber, memperluas relasi pertemanan dan kemauan dari diri sendiri untuk belajar.

“Kalau memang teman-teman tertarik untuk masuk profesi karena ingin menjadi jurnalis kampus, nanti akan mengalir dalam benaknya untuk menulis berita. Intinya jika seseorang ingin belajar pasti akan ada jalannya,” pesannya.(*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A

Share and Enjoy !

0Shares
0 0