Penyampaian materi oleh Hasim Arfah, Jumat (11/9) - Foto.Tini-Profesi

PROFESI-UNM.COM – Peserta Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM), Jumat (11/9). Dengan tema ‘Journ(Art)Lism’ yang dilakukan secara daring.

Hasim Arfah yang merupakan Jurnalis Tribun Timur, menjadi pemateri pertama DJMTD LPM Profesi UNM dengan membawakan materi mengenal pers mahasiswa. Ini merupakan materi pertama yang dalam kegiatan DJMTD LPM Profesi UNM sebagai materi pengawal bagi peserta mengenal lebih awal tentang pers.

Pemimpin umum LPM Profesi UNM Sauki Maulana mengatakan bahwa materi ini penting sebagai bekal awal peserta DJMTD mengenal bagaimana seorang jurnalis yang sesungguhnya sebelum menuju kemateri selanjutnya.

“Materi ini penting untuk diketahui lebih awal oleh peserta, agar peserta DJMTD bisa mengenal bagaimana itu junalis dan pers mahasiswa sebelum mereka belajar lebih lanjut tentang jurnalis secara luas nantinya dimateri selanjutnya,” jelasnya.

Mahasiswa Fakultas Teknik ini juga mengatakan bahwa media pers umum dengan media pers kampus itu memiliki perbedaan. Mengenali perbedaan ini penting bagi peserta yang nantinya akan turun sebagai reporter kampus.

“Pers media umum dengan pers kampus itu cukup berbeda. Pers media umum reporternya lebih dibatasi dalam memilih objek liputannya, sedangkan pers mahasiswa bebas memilih angle apa yang akan dia tulis,” jelasnya. (*)

*Reporter : Kristiani Tandi Rani