Tim Debat yang meraih juara III Debat Bahasa Inggris Disporseni Nasional 2020 bersama Sukardi Weda, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (WR III) UNM, Selasa (8/9). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Dua mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil meraih juara tiga Debat Bahasa Inggris Disporseni Nasional 2020 yang diadakan oleh Universitas Terbuka (UT).

Tim yang beranggotakan Muh.Najib, mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Muh.Ilham Dirwan yang merupakan mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) masing-masing terpilih sebagai Best Speaker pada Debat Bahasa Inggris tersebut.

Salah seorang anggota tim, Muh.Ilham Dirwan mengaku bersyukur atas pencapaian tersebut karena bisa bertanding ditingkat nasional dan melawan 16 universitas lain meskipun awalnya berharap mendapatkan setidaknya juara kedua.

“Kami sangat bersyukur atas apa yang kami raih saat ini, walaupun harapan awal kami sebenarnya ingin mendapatkan setidaknya juara 2 dalam lomba ini. Akan tetapi, alhamdulillah, setelah melihat pengumuman hasil, kami menerima akan keputusan yang di berikan juri. Kami sangat bersyukur juga bisa bertanding di tingkat nasional melawan 16 universitas lain dalam lomba ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan rasa terimakasih kepada pihak-pihak yang memberi dukungan dan doa terutama pihak UNM yang telah memfasilitasi dan Komunitas Debat yaitu Kombat yang mewadahi pelatihan debat tim tersebut.

“Alhamdulillah, pencapaian yang kami raih semua berkat dukungan dan doa orang tua dan teman-teman kami, terutama kepada pihak kampus UNM yang telah memfasilitasi kami untuk dapat mengikuti lomba, serta Komunitas Debat kami yaitu Kombat yang telah mewadahi pelatihan debat kami untuk persiapan kami,” ucapnya.

Terakhir, Ilham berharap agar mahasiwa lain juga dapat mengekspresikan bakat mereka dengan mengikuti kompetisi-kompetisi baik akademik maupun non-akademik yang membantu kemajuan dan eksistensi UNM di mata universitas lain dan berharap UNM memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) debat agar dapat menciptakan lebih banyak debater yang handal.

“Harapan saya kepada mahasiswa lain, yaitu agar kalian juga dapat mengeluarkan ekspresi bakat kalian dengan mengikuti kompetisi-kompetisi baik secara akademik maupun non-akademik, hal ini sangat penting demi kemajuan dan eksistensi Universitas Negeri Makassar di mata Universitas lain terutama yang berada di Jawa. Kedepannya saya berharap juga agar UNM dapat memiliki UKM debat layaknya universitas lain, agar dapat menciptakan lebih banyak lagi debater unm yang handal,” harapnya.

Lomba Debat tersebut diikuti oleh 16 universitas dan Juara I berhasil diraih oleh Universitas Terbuka (UT) Jakarta, Juara II diraih oleh Universitas Terbuka (UT) Yogyakarta, Juara III diraih Universitas Negeri Makassar, Juara Harapan I diraih Universitas Terbuka (UT) Bogor, Juara Harapan II diraih oleh Universitas Negeri Lampung, dan Juara Harapan III diraih oleh Universitas Terbuka (UT) Padang.

*Reporter: Annisa Puteri Iriani

Share and Enjoy !

0Shares
0 0