Ilustrasi Mahasiswa mengerjakan tugas.(8/9). Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Para mahasiswa pasti sudah nggak asing lagi nih mengenai jurnal, tiap dosen ngasih tugas pasti bilangnya “Referensinya dari jurnal yah”. Tetapi yang menjadi permasalahan ialah kebanyakan mahasiswa bingung mau mencari referensi jurnal dimana.

Untuk itu, berikut 10 situs penyedia jurnal yang bisa kalian akses buat dijadikan sebagai referensi tugas, Karya Tulis Ilmiah maupun Skripsi dilansir dari idntimes.com

  1. Perpusnas
    Perpustakaan Republik Indonesia (Perpusnas) menyediakan digital library yang berisi ribuan jurnal berbayar tetapi sudah disewa pemerintah sehingga bisa di akses secara gratis dan buku dalam bentuk softfile yang dapat di unduh dan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam mencari referensi untuk tugasnya. Untuk bisa masuk kesini, kalian harus registrasi dulu menjadi member disana.
    Situs: http://e-resource.pnri.go.id

2. Jurnal Sains dan Teknologi
Situs ini menyediakan banyak jurnal khususnya jurnal yang berkaitan dengan Sains dan Teknologi. Buat mahasiswa yang berkecimpung di dunia tersebut bisa akses situs ini.
Situs: http://ejurnal.bppt.go.id

3. LIPI
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang sering disebut LIPI juga menyediakan jurnal-jurnal seperti jurnal kimia, jurnal biologi, jurnal teknik dan masih banyak lagi jurnal lainnya. Dan yang plusnya lagi jurnal-jurnal yang disediakan LIPI itu gratis.
Situs: http://www.jurnal.lipi.go.id

4. Scholar Google
Kalo yang ini sih pasti sudah pada nggak asing lagi. Scholar Google merupakan situs penyedia jurnal milik Google. Jurnal-jurnal di situs ini beragam dan ada yang gratis ada pula yang berbayar.
Situs: http://scholar.google.go.id

5. Academia
Situs ini adalah situs jurnal yang sangat lengkap dan membantu mahasiswa dalam menemukan referensi jurnal. Academia juga adalah situs yang oke buat nyari jurnal internasional.
Situs: http://www.academia.edu

6. FreeFullPdf
Situs ini menyediakan jurnal berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bukan cuma jurnal, ebook, skripsi dan tesis juga tersedia disini secar gratis.
Situs: http://freefullpdf.com

7. Ijea
Meski terdengar asing ditelinga, situs ini termasuk ke dalam situs pencairan jurnal internasional.
Situs: http://www.ijea.org

8. Jurnal Cambridge
Sama dengan nama salah satu Universitas ternama di dunia, jurnal Cambridge menyediakan kebutuhan mencari jurnal internasional seperti mahasiswa.
Situs: http://journals.cambridge.org

9. Books.org
Situs ini berkategori Internasional. Disitus ini disediakan jurnal Internasional gratis dan artikel-artikel bagi teman-teman. Situs ini lumayan lengkap loh.
Situs: http://booksc.org

10. Oxford Journal
Situs ini berisi banyak jurnal internasional dengan bermacam-macam jenis dan mengaksesnya pun tak berbayar alias gratis.
Situs: http://www.oxfordjournals.org. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani

Share and Enjoy !

0Shares
0 0