Muh Wahyudi Jasman, Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang meraih Juara II Putra Duta Bahasa Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat., Senin (7/9). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muh. Wahyudi Jasman berhasil menyabet Juara II Putra Duta Bahasa Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Minggu (6/9).

Muh. Wahyudi Jasman berhasil meraih gelar tersebut setelah melalui masa karantina pada 3-5 September 2020 lalu yang bertempat di Balai Bahasa Sulawesi Selatan.

Duta Bahasa Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat merupakan kegiatan Balai Bahasa Sulsel yang diadakan tiap tahun dan merupakan representasi Sulawesi Selatan di tingkat Nasional yang terdiri atas beberapa tahapan mulai dari administrasi, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Wawancara, Presentasi Karya Tulis Ilmiah, dan penampilan bakat yang merupakan tahap seleksi guna menguji kemampuan berbahasa dan mewujudkan trigatra bahasa.

Saat diwawancara, Muh. Wahyudi Jasman menuturkan bahwa pada awal seleksi administrasi terdapat 50 peserta yang kemudian disaring menjadi 24 orang melalui tes UKBI.

Ia juga mengungkpkan, alasan Ia tertarik mengikuti pemilihan tersebut karena rasa antusiasme dengan literasi dan merasa bahwa menjadi duta bahasa merupakan jalan baginya untuk berkontribusi mewujudkan literasi yang lebih baik kedepannya.

“Saya sangat antusias dengan literasi dan saya rasa dengan bergabung menjadi duta bahasa dapat menjadi platform saya untuk berkontribusi mewujudkan literasi yang lebih baik kedepannya karena program yang dimiliki oleh duta bahasa searah dengan tujuan saya,’ ungkapnya.

Lebih lanjut, pria yang dilantik kemarin malam pada acara Malam Puncak Grand Final di Phinisi Point tersebut juga mengaku sangat bersyukur dan bahagia karena telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik sebagai wujud tanggung jawabnya membawa nama UNM di ajang ini dan malam tadi merasa terbayarkan karena UNM disebut sebagai salah satu yang terbaik dan memberi motivasi bagi teman-teman agar tak lelah mengejar apa yang diinginkan.

“Untuk teman-teman jangan pernah untuk lelah mengejar apa yang kalian inginkan, apapun itu. Duta bahasa adalah sesuatu yg saya inginkan sejak 2 tahun lalu dan semalam itu terwujud. Pahami diri dengan baik karena itu adalah jalan memaksimalkan potensi yang kalian punya, semangat,” tutupnya. (*)

*Reporter: Annisa Puteri Iriani