Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM), Suwardi Anas melepas 74 Mahasiswa Jurusan Geografi untuk mengabdi di Kabupaten Takalar, Rabu (2/9). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 74 Mahasiswa Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) secara resmi dilepas untuk mengabdi pada masyarakat dalam rangka program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Rabu, (2/9).

Sebanyak dua unit kendaraan bus membawa para mahasiswa ke tempat mengabdi yang berlokasi di Kabupaten Takalar yakni di Desa Pa’rappunganta Kec Polongbangkeng Utara, Desa Lassang barat Kecamatan Polongbangkeng Utara, dan Desa Balangtanayya Kecamatan Polongbangkeng Utara

Pelepasan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas FMIPA, Suwardi Annas dan seluruh dosen Jurusan Geografi. Para mahasiswa tersebut akan mengabdi mulai 2 September hingga 11 Desember 2020 dan disetarakan dengan 20 SKS.

Menurut salah seorang mahasiswa yang menghadiri pelepasan, Miftahul Jannah hanya 3 orang perwakilan setiap dusun yang bisa menghadiri pelepasan tersebut dan Ia sebagai perwakilan merasa terhormat bisa terpilih.

“Merasa terhormat bisa menjadi perwakilan pelepasan,”ucapnya.

Saat ditanya mengenai Program Kerja (Proker) yang akan dilaksanakan di dusun Ia ditempatkan. Perempuan yang akrab disapa Jannah itu berdalih bahwa kelompoknya belum menyusun karena harus mengobservasi keadaan di dusun tersebut terlebih dahulu.

“Belumpi ditentukan, karena belum paki semua observasi,” ujarnya.

Merdeka belajar sendiri merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang dilaksanakan dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran di Perguruan Tinggi yang otonom dan fleksibel. (*)

*Reporter: Annisa Puteri iriani/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan