Ilusrasi manajemen waktu, Sabtu (29/8). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM  – Manajemen waktu tentu bukanlah lagi istilah yang asing bagi seorang mahasiswa. Mampu mengatur waktu dengan baik justru menjadi salah satu kunci sukses seorang mahasiswa untuk bertahan di kehidupan perkuliahan. 

Waktu yang diatur dengan baik akan memengaruhi dan mengukur apakah  kamu lebih produktif dalam bekerja atau beraktivitas di kampus. Nah, bagi kamu yang masih merasa kurang bisa mengatur waktu, jangan khawatir. Simak 5 Trik berikut agar kamu mampu mengatur waktu dan lebih produktif.


1. Buat To-Do List
Intinya selalu memiliki perencanaan yang jelas, karena mengerjakan sesuatu tanpa perencanaan yang jelas dan meyakinkan akan cenderung membuat waktu kamu terkuras dengan tidak efektif. Hal ini hanya akan membuat kamu membuang energi tanpa hasil. Makanya, kamu harus membiasakan diri menyusun daftar dengan jelas hal-hal apa yang harus dikerjakan. Susun daftar to-do list ini pada malam sebelum hari esoknya.


2. Miliki Skala Prioritas
Setelah membuat daftar apa yang harus Anda kerjakan selesai disusun, selanjutnya, mulailah untuk memilah hal mana yang mendapat prioritas utama dan mana yang bisa dikesampingkan lebih dulu. Selama melakukan ini, kamu harus mempertimbangkannya dengan matang. Ketika kamu sudah menentukan pekerjaan mana yang menjadi prioritas, selanjutnya kamu harus mulai segera melakukannya. Jangan pernah menunda pekerjaan yang telah menjadi prioritas. Abaikan semua gangguan yang datang sampai pekerjaan prioritas tersebut selesai secara tuntas.


3. Tentukan Deadline
Setiap tugas yang akan kamu kerjakan harus memiliki target selesai yang pasti. Hal ini untuk memastikan bahwa kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat pada waktunya. Dengan adanya deadline juga akan melatih kamu untuk lebih bertanggung jawab.  Jangan sampai kamu mengabaikan deadline yang telah kamu tetapkan ya! karena hal itu hanya akan membuat kamu tentunya tidak produktif. Selain mengatur tenggat waktu setiap pekerjaan, jangan lupa kamu sebaiknya memberi jeda sebelum melakukan pekerjaan berikutnya. Jeda ini bertujuan untuk memberi kamu kesempatan melakukan evaluasi dan beristirahat sejenak. 


4. Fokus Total saat Mengerjakan
Satu-satunya cara agar kamu patuh dan mampu menyelesaikan semua pekerjaan yang telah kamu beri deadline yaitu kamu harus fokus total!
Tinggalkan semua hal yang bisa berpotensi memunculkan gangguan terhadap proses kamu bekerja. Salah satu yang sangat berpotensi besar menjadi gangguan adalah ponsel kamu sendiri. Makanya, sebelum kamu mengerjakan tugas sebaiknya kamu mengatur ponsel kamu pada silent mode, sehingga kamu tidak akan mendengar ketika ada notifikasi yang masuk.


5. Miliki Waktu Istirahat yang Cukup
Jangan terlalu memaksakan diri kamu! Beri tubuh dan otakmu waktu untuk beristirahat. Ketahui kapasitas dan kemampuan tubuh kamu sendiri karena memaksakan langsung untuk berpindah ke tugas selanjutnya hanya akan membuat hasil yang tidak maksimal. Bagaimana pun pikiranmu harus disegarkan kembali sebelum kembali mulai bekerja pada hal selanjutnya. Segarkan pikiran dan tubuh kamu dengan cara alami seperti berjalan-jalan di sekeliling ruangan, karena itu jauh lebih bermanfaat dibanding beristirahat sambil memainkan ponsel, lho.


Nah, itulah 5 Trik agar kamu dapat mengatur waktu sehingga kamu lebih produktif. Ingatlah, semakin pintar kamu mengatur waktu maka semakin dekat pula kamu dapat meraih tujuan atau impianmu. (*)

*Reporter: Khuznul Khotimah/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0