Muh. Ilham Dirwan dan Muh Najib Wakili UNM menjadi finalis pada Ajang Debat Bahasa Inggris Nasional 2020, Kamis (27/8). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Dua Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil menjadi finalis Debat Bahasa Inggris Diskusi Ilmiah Pekan Olahraga dan Seni (Disporseni) Nasional 2020 dengan tema ‘Sportivitas dan Kreativitas Mahasiswa di Era Siber’, Kamis (27/8).

Kedua mahasiswa tersebut yakni Muh. Ilham Dirwan dari Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) dan Muh. Najib dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Keduanya merupakan anggota dari Komunitas Debat (Kombat) UNM.

Sebelum berhasil masuk ke babak final, kedua Mahasiswa UNM tersebut berhasil melewati babak penyisihan yang telah dilaksanakan pada Senin hingga Selasa (24-25/8) kemarin. Setidaknya terdapat tiga kampus yang dihadapi UNM dalam babak final ini yakni Universitas Terbuka (UT) Jakarta, UT Bogor, dan UT Yogyakarta.

Salah seorang finalis debat dari UNM, Muh. Ilham Dirwan mengatakan bahwa pihaknya kerap memanfaakan waktu luang untuk terus mengasah kemampuannya dalam berdebat.

“Di samping berlatih dengan bimbingan dari senior Kombat, kami menggunakan sela-sela waktu luang kami untuk latihan secara mandiri dengan cara berdiskusi setiap malam. Terkadang mencari mosi atau tema debat yang dipakai dalam kompetisi untuk dibedah,” jelasnya.

Lanjut, mahasiswa dari FBS ini bersyukur bisa mewakili UNM dalam ajang Debat Bahasa Inggris Nasional dan Ia mengatakan, usaha serta keberhasilan tidak terlepas dari bantuan senior-senior dari Kombat UNM, dan mengajarkan dunia berdebatan.

“Usaha dan keberhasilan kami juga tidak terlepas dari adanya bantuan dari senior-senior kami dari Komunitas Debat Universitas Negeri Makassar (Kombat UNM), dari nol sampai sekarang pencapaian kami dapat kami hasilkan berkat dukungan dan bantuan dari kakak-kakak kombat yang senantiasi mengajarkan kami akan dunia perdebatan,” tambahnya.(*)

*Reporter: Murni/ Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan