Rektor UNM saat pelepasan Mahasiswa KKN. Foto: Dok. Profesi.

PROFESI-UNM.COM – Pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Gasal 2020/2021 dijadwalkan pada September 2020 mendatang. Hal ini dibenarkan oleh Ketua Pusat KKN Universitas Negeri Makassar (UNM), Arifin Manggau, Rabu, (26/8).

Ketua Pusat KKN UNM, Arifin Manggau mengatakan, hingga saat ini masih menunggu respon dari beberapa daerah terkait lokasi KKN.

“Masih menunggu konfirmasi dari beberapa daerah. Rencananya paling lambat di awal bulan September ini,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini sengaja dipersiapkan dengan matang guna mempercepat jadwal pemberangkatan ke tempat yang dituju, pasca pelepasan mahasiswa KKN.

“Supaya jarak antara waktu pelepasan dengan pemberangkatan itu tidak lama seperti yang lalu. Jadi, ketika pelepasan mahasiswa KKN, mereka bisa langsung melakukan sesuatu di tempat KKN,” jelasnya.

Selain itu, Arifin mengatakan bahwa mahasiswa juga dapat mengajukan permintaan dalam penentuan lokasi KKN dengan syarat telah mengantongi surat rekomendasi dari Program Studi (Prodi) terkait, atau dari lokasi KKN yang ingin dituju sesuai jumlah yang dibutuhkannya dan satu kelompok KKN maksimal diisi 5 sampai 10 orang.

“Tergantung keputusan Prodinya jika meminta atau merekomendasi mahasiswa KKN ke tempat yang Ia ingin tuju. Jika tidak, maka dengan sendirinya akan ke instansi yang telah ditentukan, minimal 5 orang,” katanya.

Diketahui, jumlah peserta KKN keseluruhan mencapai 3.704 orang. Diantaranya, KKN regular sebanyak 796, KKN PPL Terpadu sebanyak 2.793, dan KKN Berkarya sebanyak 115 orang. (*)

*Reporter: Muhammad Resky/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan