Duta Kampus Susel, Aliza Noviana Putri,, Senin (24/8). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik (FT) UNM, Aliza Noviana Putri berhasil menjadi pemenang duta kampus Sulawesi Selatan (Sulsel) 2020. Pemilihan duta ini digelar oleh Yayasan Sahabat Pemuda Prestasi Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel yang puncaknya berlangsung di Mall Pinisi Point Makassar, Senin, (24/8).

Saat ditanya, mahasiswi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (PTM), Aliza ini mengaku telah mempersiapkan dirinya selama seminggu sebelum mengikuti ajang ini. Hal ini Ia lakukan agar bisa memberikan yang terbaik bagi kampus sebelumnya dirinya menyelesaikan studi strata satunya.

“Sebenarnya awal saya mengikuti kegiatan ini karena sebuah target yang memang sudah direncanakan. Sebelum saya menyelesaikan pendidikan di UNM saya harus memberikan satu prestasi terakhir,” jelasnya.

Perjalanan mahasiswi asal Pinrang ini untuk menjadi pemenang terbilang tak mudah. Sebelumnya, Ia harus melewati beberapa tahapan seleksi hingga bisa menuju grandfinal

“Tahap pertama itu seleksi berkas, terus ada tahap seleksi vote Instagram, terus interview, kemudian orasi untuk menentukan yag masuk top 6, setelah itu tanya jawab untuk menentukan juara satu sampai tiga,” bebernya.

Lanjt, setelah terpilih menjadi duta, Aliza mengaku kedepannya akan melaksanakan program kerja yang sudah Ia susun. Salah satunya lebih memperkenalkan lagi beberapa kampus yang ada di Sulsel.

“Ada beberapa program kerja yg telah direncanakan bahkan sebelum saya terpilih menjadi duta kampus Sulsel. Saya akan melaksanakan suatu kegiatan di mana kita dapat memperkenalkan perguruan tinggi dan ini sudah dijalankan pada saat peneriman mahasiswa baru diberbagai universitas,” akunya.

Terakhir, mahasiswa angkatan 2016 ini mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pihak kampus, orang tua, serta temannya di jurusan menjadi penyemangat Aliza untuk mengikuti pemilihan duta kampus Sulsel. (*)

*Reporter: Muh. Sauki Maulana