Rektor UNM, Husain Syam saat menggelar Rapat Komando Perkuliahan secara Online, Selasa (18/8). Foto-Ema Profesi

PROFESI-UNM.COM – Dalam agenda rapat komando perkuliahan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) Rektor UNM, Husain Syam menegaskan tidak lagi mempersiapkan dana untuk subsidi untuk kuota data gratis  kepada seluruh mahasiswa di semester ganjil 2020/2021, Selasa, (18/8).

Husain Syam mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan karena UNM telah menyiapkan infrastruktur terhadap proses perkuliahan daring pada semester ganjil 2020/2021 sehingga pembagian subsidi kuota tidak lagi dilakukan.

“Karena kita sudah menyiapkan infrastruktur proses perkulihan daring itu. Kita tidak mempersiapkan lagi dana untuk mensubsidi kuota bagi mahasiswa dalam proses belajar daring. Kita kehilangan dana semester ini itu  luar biasa besarnya, kalau kita mau subsidi lagi kuota terhadap teman-teman itu bisa memaksa kita lagi untuk mengeluarkan uang sementara itu sudah tidak ada,” jelasnya

Lanjut, Eks Dekan FT UNM ini juga menegaskan kepada seluruh dosen agar tidak melakukan pembelajaran menggunakan platform Zoom karena hal tersebut telah menjadi permasalahan mahasiswa pada semester genap kemarin.

“Dosen yang bersangkutan  jangan lagi pakai Zoom karena kemarin itu setiap bulan kita mengeluarkan dana kurang lebih 1,5 M gara-gara ada teman-teman yang selalu menggunakan Zoom sehingga mahasiswa protes akhirnya tidak ada jalan lain kita bayarkan, ” tegasnya.

Terakhir, Guru Besar Ilmu Pertanian ini mengatakan, apabila ada dosen yang kedapatan menggunakan platform Zoom dalam proses pembelajaran agar dapat bertanggung jawab dalam pembiayaan kuota setiap mahasiswa.

“Dosen yang bersangkutan tanggung jawab apabila melakukan pembelajaran via Zoom. Berapa pun mahasiswa yang mengikuti perkulihan via Zoom bapak yang bayarkan supaya jangan dia mengadu ke kita.  karena kita ini mau mengatakan tidak lagi akan mensubsidi pulsa, ” katanya. (*)

*Reporter: Ema Humaera/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan