Pengurus HMJ Matematika FMIPA UNM, Selasa (11/8). Foto-Ist

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil lolos pendanaan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa, (11/8).

Dari 253 proposal yang lolos, salah satu diantaranya merupakan proposal yang diajukan oleh tim PHP2D HMJ Matematika FMIPA UNM yang berjudul ‘100 Hari Membangun SDM Anak-Anak Desa Salo Dua Melalui Program Etnomatematika: Rumah Belajar Matematika Berbasis Religious Culture’.

Dilham Fardian selaku ketua tim mengungkapkan rasa bahagia atas pencapaian tim PHP2D HMJ Matematika FMIPA UNM, ”Alhamdulillah, pastinya bersyukur berkat bantuan dosen pembimbing, teman-teman dan tim, kami bisa membawa nama HMJ matematika FMIPA UNM bersaing diantara ribuan organisasi naungan kemendikbud lainnya”, ungkapnya.

Judul tersebut dipilih karena melihat dari ruang lingkup pendidikan sesuai dengan latar belakang tim yang kebanyakan berasal dari disiplin ilmu pendidikan. Setelah melakukan survei, anak-anak di sana selain bermasalah dalam bidang pendidikan, pemahaman tentang tradisi budaya lokal Sulawesi Selatan termasuk di Enrekang sendiri semakin hari semakin menipis dalam kalangan generasi muda sehingga dibutuhkan cara agar aneka ragam budaya yang kita miliki dapat dijaga dan dilestarikan.

Oleh karena itu, dibutuhkan suatu program yang mengkolaborasikan budaya, agama, dan disiplin ilmu tim, maka kami mengambil judul etnomatematika dan religious culture untuk menampung semua permasalahan yang ada di masyarakat dan menjadikannya program PHP2D.

Tim tersebut beranggotakan dua puluh orang yakni Dilham Fardian sebagai Ketua Tim, Muh. Mahfud, Andi Annisa Hulaifah, Andi Ilham Akbar Hasanuddin, Andi Muhammad Yusuf Ismail, Chusnul Chatimah Azis, Khusnul Ryana Tasya Ismail, Mirnawati, Muhammad Fajri, Muh. Ikhwan Fauzan, Musafir, Nurhusneini Chinsa, Nur Qamariah, Sri Wahyuni, Suriyandi, Dindah Nurul Zahrah, Muh. Hidayatullah Dwi Putra, Muhammad Zulkifli, Novi Safitri N.N, Rikha Rahim sebagai anggota dan Said Fachry Assagaf sebagai dosen pembimbing. (*)

*Reporter: Murni/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0