Suwardi Anas dalam mengikuti Sharing Session Alumni Statistika, Minggu (26/7). Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Statistika Fakultas Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Sharing Session bersama Alumni secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom, Minggu, (26/7).

Salah satu pembicara dalam Sharing Session tersebut ialah Dekan FMIPA UNM, Suwardi Anas. Dalam Sharing Session tersebut, Ia memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan alumni Statistika dalam menyiapkan diri untuk bekal di dunia kerja melalui diskusi Sharing Session.

“Jadilah seperti air yang di mana setiap melihat celah untuk dilewati maka dilewati mau seperti apa wadahnya mau seperti apa bentuk permukaannya dia tidak berhenti mencari. Begitulah gambaran sekarang anda harus bisa melihat kesempatan yang datang dan cobalah jangan ragu dengan kemampuan yang anda miliki. Anda harus percaya diri dengan kemampuan anda bahwa anda bisa,” jelasnya.

Kemudian, Ia juga mengatakan bahwa tantangan industri 4.0 dan 5.0 nantinya akan ada banyak pekerjaan yang hilang. Akan tetapi, dari pekerjaan yang hilang tersebut terbentuk ribuan lowongan pekerjaan baru. Inilah sebuah tantangan yang harus lewati sehingga bisa bersaing di dunia kerja.

“Usaha saja dulu hasil belakangan yang namanya usaha tidak akan menghianati suatu hasil kalau hasilnya jelek begitulah usaha anda jadi harus ada perbaikan untuk persiapan lebih baik kedepan. Terbentur terbentur baru terbentuk itulah wadah yang kuat,” tegasnya. (*)

*Reporter: Fitria Indah Saraswati/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan