Pelaksanaan kegiatan webinar, Selasa, (21/7). Foto-Tini Profesi

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Sastra Indonesia (Sasindo) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan webinar dengan tema ‘Meriset Data Mengelola Cerita’ yang digelar secara daring melalui aplikasi Zoom, Selasa, (21/7).

Kegiatan ini adalah kajian yang rutin dilaksanakan oleh HMPS Sasindo FBS UNM, dengan pemateri Idham Malik penulis buku Gerundulan Peristiwa dan moderator Multazima.

Multazima selaku moderator berharap dengan adanya kajian ini dapat menumbuhkan semangat juang para mahasiswa sastra untuk mau berkarya.

“Harapan diadakannya kajian ini, semoga ilmu yang didapatkan di diskusi ini bisa diimplementasikan oleh teman-teman yang ingin menulis atau membuat sebuah karya,” harapnya.

Saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, moderator pada kajian ini memberikan kata motivasi, “Karena lewat karya orang bisa hidup abadi lewat karya yang dibuatnya,” katanya pada jurnalis LPM Profesi UNM.

Di sisi lain, Idham Malik mengatakan dalam kajiannya bahwa sebuah karya sastra memiliki ciri khasnya sendiri menurut garis daerahnya.

“Setiap karya memiliki ciri khas, seperti Indonesia yang memiliki ciri menggunakan lambang alam, kemaritiman, dan pertanian. Sedangkan daerah lain memiliki ciri khasnya sendiri,” jelasnya.

*Reporter: Kristiani Tandi Rani/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan