DJMTD 2019,Sabtu (11/7). Foto-Dok. LPM Profesi UNM.

PROFESI-UNM.COM – Materi menulis feature dibawakan oleh Pemimpin Umum (PU) PROFESI Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam kegiatan Pra Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJMTD) secara daring, Sabtu, (11/7).

Kegiatan PRA-DJMTD online kali ini dibawakan oleh PU Profesi UNM, Muh Sauki Maulana Siming. Dalam sambutan materinya, Ia menegaskan sangat menghindari menjelaskan materi melalui pesan suara, karena alasan ingin melatih kemampuan menulisnya dan menurutnya literasi aksara itu penting untuk dibiasakan, minimal melalu chat.

“Maafkanlah saya karena barangkali kedepan saya akan menjelaskan dengan mengkombinasikan via mengetik. Saya menghindari memakai VN sepenuhnya dalam berkomunikasi di medsos sejak dulu,” tegansya.

Saat membawakan materi, Sauki sapaannya menjelaskan bahwa Feature adalah sebuah tulisan yang dibuat dengan kreatif serta berisi informasi sekaligus menghibur dan juga berisi tentang kejadian, keadaan maupun aspek yang berbeda.

“Feature adalah tulisan kreatif yang ditujukan untuk memberi informasi sekaligus juga menghibur dan berisi tentang peristiwa, keadaan, atau aspek yang berbeda”, jelasnya.

Lanjut, mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin (PTM) ini juga mengatakan, Feature masuk dalam kategori jurnalisme sastrawi, karena tidak sekedar menyampaikan informasi, melainkan juga harus dikemas dengan secara santai tetapi tetap bergaya sastra”

Jika di kategorikan, feature termasuk jurnalisme sastrawi, karena tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga dikemas dengan secara santai dengan gaya sastra,” katanya. (*)

*Reporter: Annisa Asy Syam. A
Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0