Presiden Jokowi, Rabu (8/7) - (Foto.Ist)

PROFESI-UNM.COM – Di tengah pandemi yang tak kunjung surut, pemerintah mengambil keputusan untuk melakukan New Normal agar keadaan kembali lancar seperti dulu meskipun ditengah pandemi. Mengenai hal ini, pendidikan juga merasakan dampaknya, Rabu, (8/7).

MelaluiĀ Forum Rektor Indonesia (FRI), Jokowi memberikan empat pesan kepada rektor perguruan tinggi di seluruh Indonesia terkait adanya normalitas baru yang lebih inovatif dan produktif.

Dilansir dari katadata.com, berikut pesan Presiden Jokowi untuk rektor dalam melaksanakan proses perkuliahan secara new normal:

  1. Jokowi mengimbau agar FRI tak hanya sekedar menjadi forum komunikasi melainkan juga sebagai forum saling peduli dan berbagi antar universitas di tanah air.
  2. Jokowi mengajak para rektor dan FRI memfasilitasi mahasiswa agar bisa belajar kepada siapa pun, baik ke pelaku industri, wirausahawan, praktisi pemerintahan, hukum, dan pelaku kerja lapangan lainnya. Tujuannya, Jokowi agar mahasiswa bisa menangkap perubahan dunia dinamis yang dipicu oleh disrupsi dan hiperkompetisi yang terjadi saat ini.
  3. Perguruan tinggi harus lebih aktif melakukan kerjasama dengan para industri, termasuk kawasan industri terdekat. Upaya itu, menurut dia, bisa dilakukan universitas dengan cara membuka fakultas, departemen atau program studi terkait dengan jenis industri di kawasan tersebut.
  4. Perguruan tinggi harus memberikan perhatian besar kepada kesehatan fisik dan mental mahasiswa yakni dengan membangun karakter hati dan pikiran mereka menjadi berakhlak mulia, bermental baja, dan memegang teguh Pancasila.(*)

*Reporter : Kristiani Tandi Rani
Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0