Dosen UNM lakukan pembimbingan di SMK Somba Opu. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pelatihan pembuatan alat kontrol pengaman dan kendali listrik kepada guru dan siswa di SMK Somba Opu pada, Rabu, (1/7).

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat tahun 2020 yang dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat.
Dua orang dosen dari UNM yaitu Syarif Kasimm dan Yunus Tjandi bertugas sebagai pelaksana dan penyedia peralatan selama pelatihan berlangsung.

Perangkat yang dibuat dapat dikendalikan dari jarak dekat maupun dari jarak jauh dengan menggunakan perangkat smartphone.

Alat tersebut juga hanya memerlukan kamera CCTV dengan perangkat WebCam yang dapat dibuat dengan bahan dengan harga yang murah.

Menurut Yunus Tjandi, alat tersebut berfungsi mengamankan dan mengontrol seluruh peralatan listrik di dalam gedung, baik dari jarak dekat maupun dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet melalui Modem Router.

“Pelatihan ini dijadwalkan dalam pertemuan tatap muka dan daring, mengingat imbauan pemerintah untuk tetap menerapkan Protokol Covid-19,” ujarnya.

Pertemuan tatap muka dilaksanakan di Laboratorium Instalasi SMK Somba Opu, sedangkan pelatihan daring memanfaatkan fitur grup Whatspp. Guru dan siswa sangat antusias mengikuti pelatihan ini. (*)

*Reporter: Supriadi

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0