Penerimaan materi DJMTM LPM Profesi UNM via Google Meet tentang Desain Grafis dan Layouting yang dibawakan oleh Supriadi. Foto-Ema.

PROFESI-UNM.COM – Hari kedua Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Menengah (DJMTM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) telah berlangsung secara daring, Selasa, (30/6).

Diklat ini dibuka sejak kemarin, Senin 26 Juni dengan materi ‘Analisis Framing’yang dibawakan oleh Asri Ismail dan akan berlanjut selama 9 hari kedepan.

Hari kedua DJMTM LPM Profesi UNM, reporter magang menerima materi mengenai ‘Desain Grafis dan Layouting’ yang dibawakan langsung oleh Supriadi yang merupakan salah satu Dewan Pembina LPM Profesi.

Ia menjelaskan bahwa desain grafis merupakan pelengkap dalam sebuah berita dengan mengkombinasikan beberapa elemen grafis seperti bentuk, garis, warna dan sebagainya untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan dalam bentuk gambar yang memiliki nilai estetika.

“Prinsip dasar desain grafis yaitu sebagai pelengkap dalam berita, bentuk komunikasi lain yang disampaikan dalam bentuk gambar,” jelasnya.

Jurnalis Sindo ini juga menambahkan, dalam desain grafis tidak memiliki batasan bentuk, tetapi harus tetap mengutamakan etika kesopanan.

“Tidak ada batasan dalam desain grafis, cuman ada norma kesopanan ketika ada sesuatu yang dianggap tidak sopan maka itu adalah batasan dari sebuah desain grafis, secara umum sebenarnya tidak dilarang karena itu adalah bentuk ide sang ilustrasi tetapi harus tetap mengedepankan norma kesopanan, ” ungkapnya. (*)

*Reporter: Ema Humaera/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0