Mahasiswa KKN-PPM Sidrap Ikuti Pembekalan Via Daring. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Pandemi Covid-19 dan kebijakan Physical Distancing, pelatihan pembekalan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) akhirnya digelar melalui daring. Kegiatan tersebut dilaksanakan melaui aplikasi Zoom, Senin, (29/6).

Pelatihan pembekalan tersebut digelar selama sehari melalui video conference yang dibagi sebanyak 4 sesi. Selanjutnya, setiap mahasiswa diberi satu sesi pertemuan untuk mengikuti pembekalan online.

Sebelumnya, pembekalan pertama mengenai kegiatan KKN-PPM sempat dilaksanakan di Fakultas Ekonomi (FE)UNM pada Maret lalu. Dosen Pembimbing KKN-PPM, Agus Syam menjelaskan sistem ini dilaksanakan karena adanya kendala yang tidak bisa dihindari.

“Mengantisipasi kondisi saat ini, maka kita harus sediakan beberapa alternatif,” katanya.

Dalam pelatihan pembekalan tersebut, Dosen Program Studi Kewirausahaan UNM ini juga menjelaskan beberapa hal terkait gambaran besar kegiatan yang akan dilakukan pada kegiatan KKN-PPM nanti. Termasuk kebutuhan pelatihan yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Mengingat kondisi pandemi saat ini, membuat waktu pelaksanaan KKN-PPM diperketat, “Setiap kelompok nanti akan dibagi kedalam shift-shift, agar tidak terlalu banyak massa yang berkumpul di satu tempat pada satu waktu,” jelasnya.

Sementara itu, lokasi KKN-PPM yang sebelumnya ditetapkan di Kabupaten Sidenreng Rappang, dialihkan di daerah Bontoduri Makassar. Kegiatan KKN-PPM ini dilaksanakan sekitar pertengahann Juli mendatang mengikuti aturan keamanan pencegahan Covid-19.

*Reporter: Nurul Istiqamah

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0