Abdullah Sinring membawakan materi pada PKM Pelatihan Bimbingan Karir. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Dosen Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menghelat pelatihan bimbingan karir pencegahan anak putus sekolah pada kelompok guru BK di Kabupaten Sidrap, Sabtu (27/6). Pelatihan ini digelar secara daring melalui aplikasi zoom ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM.

Ketua tim pelaksana PKM, Abdullah Sinring mengatakan palatihan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan harapan kasrir siswa, serta meningkatkan kualitas pelayanan BK di sekolah. “Dibutuhkan peran guru BK yang profesional untuk memberikan bimbingan karir guna mencegah dan mengatasi masalah putus sekolah,” katanya.

Adapun pemateri pada pelatihan ini yakni Nur Fadhillah Umar dengan materi Teknik dan Metode Analisis Kebutuhan Siswa. Kemudian dilanjut pula dengan materi Metode-metode Bimbingan Karir Berbasis Outdoor Training. Selain itu, Abdullah Sinring juga membawakan materi mengenai Metode-metode Bimbingan Karir berbasis Indoor Training.

Di sela-sela pemateriannya, Abdullah Sinring menyebutkan bahwa bimbingan karir dapat dilakukan dari rumah dengan menggunakan fitur google form, dan salah satu metode yang dapat digunakan adalah bibliokonseling.

“Bibliokonseling adalah salah satu teknik dalam BK dengan menggunakan bantuan berupa bahan bacaan (buku, cerita, dongeng, fable) yang didalamnya terdapat perilaku, nilai atau ajakan yang ingin diajarkan,” jelasnya.

Meski dilaksanakan secara daring, sebanyak 57 orang guru BK mengikuti pelatihan ini dengan antusias. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0