PKM Pelatihan Bimbingan dan Konseling Kelompok oleh dosen BK FIP UNM. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pelatihan bimbingan dan konseling kelompok melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh LP2M UNM. Pelatihan yang ditujukan bagi guru BK di Kabupaten Sidrap ini digelar secara daring melalui aplikasi zoom, Sabtu (27/6).

Ketua prodi BK, Muhammad Anas yang sekaligus menjadi ketua tim pelaksana dalam PKM ini mengatakan pelatihan ini digelar dengan tujuan agar guru BK bisa memahami materi, konsep dan hakikat pelaksanaan BK kelompok. Kemudian lanjutnya, mampu atau terampil melaksanakan BK kelompok dalam lingkungan sekolah.

“Berdasarkan informasi dari pengurus ABKIN/MGBK Sidrap dan berdasarkan pengamatan sepintas lalu di lapang, ditemukan gejala yang menunjukkan bahwa masih banyak guru BK di sekolah yang kurang mahir melaksanakan BK kelompok,” katanya.

Pelatihan dibawakan oleh Muhammad Anas dengan membahas materi mengenai konsep dasar BK kelompok. Kemudian dilanjutkan dengan pemateri kedua, Nur Fadhilah Umar yang membahas tentang prosedur pelaksanaan BK kelompok. Dalam paparannya, Muhammad Anas menyebutkan, BK kelompok bertujuan untuk mengembangkan pribadi masing-masing anggota kelompok melalui berbagai suasana yang muncul dalam kegiatan itu, baik suasana yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.

Sekitar 57 orang peserta mengikuti pelatihan dengan antusias hingga akhir kegiatan. Nur Fadhilah Umar yang menjadi rekan Muhammad Anas dalam PKM ini berharap para guru BK khususnya di Sidrap kemudian mampu melaksanakan BK kelompok dalam lingkungan sekolah.

“Semoga dengan pelatihan ini strategi layanan yang diberikan guru BK juga semakin bervariasi dan tidak terfokus hanya pada strategi yang sangat konvensional,” harapnya. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati

Share and Enjoy !

0Shares
0 0