BK FIP UNM Gelar PKM Pelatihan Konseling SFBC - Foto.Ist
BK FIP UNM Gelar PKM Pelatihan Konseling SFBC - Foto.Ist

PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Pelatihan Solution Focused Brief Conseling (SFBC) melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh LP2M UNM. Pelatihan yang ditujukan bagi guru BK di Kabupaten Sidrap ini digelar secara daring melalui aplikasi zoom, Sabtu (27/6).

Ketua tim pelaksana PKM, Suciani Latif yang sekaligus menjadi pemateri pada pelatihan ini mengatakan, kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan guru BK dalam melakukan konseling secara singkat dan efektif, sehingga dapat membantu siswa lebih mandiri belajar dari rumah.

“Dibutuhkan peran guru BK yang profesional untuk membantu siswa agar bisa beradaptasi dalam proses pembelajaran mandiri dari rumah,” katanya.


Dalam paparan materinya, Suciani Latif menjelaskan, konseling SFBC tergolong konseling post modern. Adapun kelebihan dari konseling ini yang membedakannya dengan teknik konseling lainnya yakni pelaksanaan konseling SFBC lebih singkat, karena ia lebih berfokus pada solusi ketimbang berkutat pada masalah.

“Konseling ini tidak perlu mengulik masalah lebih dalam yang pada prakteknya akan memperpanjang masa proses konseling,” jelasnya.

Meski dilaksanakan secara daring, sebanyak 57 orang guru BK mengikuti pelatihan dengan antusias. (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati