Ilustrasi menggunakan Hand Sanitizer. Foto-Ist.

PROFESI-UNM.COM – Beberapa hari ini kita mendengar istilah New Normal , di mana kondisi akan berjalan seperti keadaan normal tapi pandemi COVID-19 belum berakhir. Lalu, bagaimana caranya agar kita tetap bisa sehat meskipun menjalankan aktivitas seperti biasanya?, Sabtu (6/6).

Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan di saat New Normal:

  1. Menggunakan Masker Bila Keluar Rumah
    Hal ini sesuai dengan saran dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, lembaga kesehatan AS, yang mengatakan bahwa kita perlu memakai masker saat berada di luar. Terutama, jika kita pergi ke tempat yang cukup dipadati dengan orang. Misalnya, saat pergi ke toko obat, supermarket, atau tempat lain. Dengan memakai masker, kita diharapkan bisa mencegah penyebaran virus dari satu orang ke orang lain.
  2. Bawa Hand Sanitizer
    Ketika kita berada di luar rumah pastinya kita tidak akan mudah mencuci tangan menggunakan sabun maka dari itu sangat penting bagi kita untuk membawa Hand Sanitizer kemanapun kita pergi. Penting untuk memakai Hand Sanitizer saat selesai melakukan sesuatu.
  3. Bersihkan Permukaan Barang yang Anda Pakai dengan Desinfektan
    Sering-seringlah menyemprotkan desinfektan pada barang yang anda bawa. Seperti pada dompet, handphone dan barang lainnya. Sangat penting juga untuk menyemprotkan desinfektan pada meja dan kursi anda untuk mencegah penyebaran COVID-19.
  4. Hindari Berkumpul di Keramaian
    Saat keadaan mulai normal maka akan banyak mall dan tempat-tempat wisata yang akan terbuka. Tapi, sebaiknya menghindari untuk berkunjung ketempat ramai jika tidak ada keperluan yang terlalu mendesak.
  5. Bawa Peralatan Sendiri
    Saat berada di luar rumah, sebaiknya anda membawa barang bawaan anda sendiri seperti mukenah dan alat makan sendiri dari rumah.
  6. Berbelanja dengan metode cashless
    Saat berbelanja sebaiknya menggunakan metode cashless. Sebisa mungkin hindari menggunakan uang tunai, karena mungkin sudah dipegang oleh orang banyak. Jika terpaksa memakai uang tunai sebaiknya semprot tangan anda setelah menyentuh uang tersebut.
  7. Lakukan Gaya Hidup Sehat
    Tetap perhatikan pola gaya hidup sehat dengan memakan makanan bergizi, memperhatikan waktu istirahat, rajin olahraga dan hindari stres.

Nah, itu beberapa hal yang harus anda lakukan agar tetap sehat saat new normal. Tetap menjaga kesehatan dan jika tidak terlalu mendesak sebaiknya jangan keluar rumah. (*)

Sumber: Kumparan.com

*Reporter: Kristiani Tandi Rani
Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0