Peserta Jalur Mandiri UNM mengikuti Ujian Tertulis di salah satu kelas di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)- (Foto: Dok -LPM Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur mandiri Universitas Negeri Makassar (UNM) tahun akademik 2020-2021 akan dibuka pada akhir Juni 2020, Jumat (1/5).

Jalur mandiri merupakan PMB yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Untuk jadwal pembukaan jalur mandiri di UNM sendiri akan dilaksanakan pada akhir Juni 2020 setelah selesainya jalur Seleksi Bersama Masuk Pergurian Tinggi Negeri (SBMPTN) dan mengenai mekanisme ataupun prosedur tetap tidak ada perubahan.

Prosedurnya dimulai dari mengambil KAP, PIN dan kode bayar pada laman yang tersedia nantinya serta menginput data-data, serta melewati beberapa prosedur lainnya.

Saat diwawancarai oleh wartawan Profesi, Muharram selaku Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) UNM mengatakan bahwa jumlah kuota yang akan diterima pada jalur ini tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Akan tetapi, ada juga pertimbangan pada pendaftar gagal yang mendaftar ulang pada jalur sebelumnya.

“Kurang lebih sama tahun lalu. Kita lihat nanti berapa yang tidak daftar ulang di SBMPTN,” katanya.

Guru Besar Kimia ini juga menjelaskan bahwa untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) tahun ini tidak ada kenaikan, tetap seperti pada tahun 2019. Untuk besaran UKT tahun 2019 adalah Rp. 500,000 hingga Rp. 8,500,000. “Tidak ada perubahan UKT jalur mandiri, tetap seperti tahun lalu,” jelasnya.

Adapun kuota yang diterima pada jalur mandiri tahun lalu yakni sebanyak 2.473 orang.(*)

*Reporter: Annisa Asy Syam/Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0